News Image

Siapa yang tidak kenal Bill Gates dan Steve Jobs?  Kedua tokoh ini merupakan pengembang teknologi komputer. Bill Gates terkenal dengan pemilik perusahaan Microsoft Windows, dan Steve Jobs pendiri perusahaan Apple Computer Inc. dengan produk terkenalnya, yakni IPod, IPhone dan Macinthos.

Kedua tokoh ini ternyata sama-sama keunikan tersendiri dalam membangun perusahaannya, dan membuat perusahaan mereka menjadi besar. Namun siapa sangka, Bill Gates dan Steve Jobs memiliki keterkaitan sejarah yang mengantar mereka menjadi orang-orang hebat di balik nama besarperusahaan mereka. Kisah mereka direpresentasikan dengan baik dalam sebuah film yang berjudul Pirates of Silicon Valley.

Film yang dirilis pada tahun 1990 di Amerika ini ternyata selain menceritakan kisah nyata tentang Bill Gates dan Steve Jobs, ternyata memberikan banyak nilai pembelajaran, khususnya bagi pelaku bisnis. Dikisahkan, kedua tokoh ini mengawali penciptaan produk mereka dengan membajak produk orang lain yang kemudian dikembangkan sebagai suatu produk baru yang lebih menggelegar. 

Bill Gates, sebelum menemukan Microsoft Windows, pernah membeli sebuah produk beserta lisensinya yang kemudian memegang hak milik program tersebut, yakni program MS DOS. Begitu pula Steve Jobs. Ketika, mengembangkan produk komputernya, ia pernah meniru produk orang lain yaitu perusahaan Xerox,  GUI dan Mouse yang ia kembangkan dalam produk komputernya. 

Setelah bekerjasama dengan Stave Jobs dalam pengembangan produk komputer Apple, diam-diam Bill Gates meniru program yang dimiliki Apple, dan pada akhirnya muncullah Microsoft Windows buatan Bill Gates.

Karena inilah, Steve Jobs dan Bill Gates terlibat konflik. Namun karena kepiawaian Bill Gates dalam berdiplomasi, akhirnya konflik ini mereda, dan keduanya akhirnya membangun kerjasama dalam pengembangan inovasi komputer.

Film tentang tokoh besar dunia ini menjadi salah satu pengisi kegiatan Forum Manager DAHANA pada acara Rapat Kerja (Raker) Penjabaran Rencana Keuangan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2017 PT DAHANA (Persero) di Tasikmalaya pada 30 Januari 2017.

Sekitar 23 Manager DAHANA ini menonton film bersama dan kemudian mendiskusikannya. Terbagi menjadi empat kelompok, para pejabat eselon tiga ini kemudian berdiskusi tentang pesan moral bisa dipelajari dari  film Pirates of Silicon Valley. Hasil diskusi kelompok pun kemudian dipresentasikan dan disaksikan oleh kelompok lainnya. Hadir pula dalam kegiatan ini Direktur Teknologi dan Pengembangan, Heri Heriswan, yang ikut serta menilai hasil pemaparan para manager.

Satu dari empat kelompok, memaparkan tentang apa yang telah dibahas dengan rekan sekelompoknya, menjelaskan film itu memiliki beberapa pesan yang bisa diambil manfaatnya dan diimplementasikan dalam pekerjaan sehari-hari.

“Kita memiliki budaya perusahaan yakni Inovasi dan Aliansi Global, kedua nilai budaya ini menjadi pendorong majunya perusahaan. Berinovasi adalah sebuah keharusan dalam membangun perusahaan; produk-produk yang dimiliki harus terus diinovasi untuk menjawab kebutuhan konsumen. Sedangkan Aliansi global berkenaan dengan  bagaimana kita ikut serta dalam membangun jejaring dengan perusahaan lainnya, dalam membangun kerjasama dalam mengembangkan perusahaan,” paparnya.

Pemaparan paling menarik diganjar hadiah oleh panitia.   Terpilih kelompok 2 sebagai pemenang yang terdiri dari Ahmad Fachrudin, Erwin Cipta M, Jufal Berlianda, Junia Mardiani dan Budi Irfani. (SYA)