SUBANG – PT DAHANA menggelar Sharing Session dalam rangka Pra Raker Penjabaran RKAP 2023 yang mengangkat tema “Building Resilience Through Innovation”. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Direktur Utama PT DAHANA, Wildan Widarman, dan diisi dengan Webinar oleh Alex Mulya (Peneliti Iconomics) yang menjelaskan “Leap Frogging Sales with Marketing and Branding” secara daring melalui zoom meeting, pada Jum’at, 6 Januari 2023.

Dalam sambutannya, Wildan menjelaskan, kegiatan Pra Raker merupakan upaya perusahaan untuk melibatkan seluruh karyawan DAHANA terutama generasi milenial dalam kegiatan-kegiatan penting perusahaan, sehingga akan terjadi kesinambungan antar generasi di perusahaan bahan peledak tersebut.

“Sebelum Rapat Kerja, kami melaksanakan Pra Raker terlebih dahulu, dimana dalam Rapat Kerja dilakukan oleh eselon I sampai eselon III, dan Pra Raker ini kita melibatkan generasi milenial sebagai bagian dari proses pembelajaran,” terang Wildan Widarman.

Wildan juga berharap materi yang disampaikan narasumber dapat menjadi pencerahan dalam mempertajam rencana strategis perusahaan.

“Semoga apa yang disampaikan bisa menjadi bahan untuk Raker khususnya di bidang marketing, dimana kita dituntut untuk menjaga kesinambungan dan melakukan lompatan-lompatan ke depan,” ungkap Wildan.

Dalam pemaparannya, Alex menjelaskan tentang perubahan-perubahan yang terjadi di dunia marketing, terutama tentang perilaku konsumen. Ia mencontohkan sebelum tahun 2015 konsumen memilih produk karena pilihan rasional dan emosional. Pilihan emosinal pada Consumer Goods dan Luxury Goods, serta memilih Commodities dan Investment/Financial Goods secara rasional.

“Hasil riset yang kami temukan di tahun 2021, kecenderungan konsumen sudah berubah, semakin banyak informasi, konsumen semakin banyak tuntutannya, seperti di consumer goods yang tadinya citra produk lebih penting dari citra korporat, di tahun 2021 angka citra korporat menjadi meningkat,” ungkapnya.

Selain itu, Alex juga menjelaskan tentang branding BUMN dan perusahaan swasta, dimana terjadi gap diantara keduanya. BUMN memliki citra yang minus pada commercial image dan people image, namun sangat tinggi pada social image. Hal ini menjadi tugas rumah bagi BUMN untuk meningkatkan commercial image dan people image.

“DAHANA ini kancah medan perangnya sudah swasta banget, persaingan bebas. Jadi DAHANA harus menjadi BUMN dan Private Corporation yang prima (dalam marketing dan branding) sekaligus,” lanjutnya.

Usai menerangkan tentang kondisi pasar dan branding saat ini, acara pun dilanjutkan dengan diskusi yang diikuti secara antusias oleh insan DAHANA, baik tentang product brand atau corporate brand, serta langkah-langkah terbaik yang bisa diambil oleh DAHANA dalam meningkatkan citra produk dan perusahaan DAHANA.

Informasi:
Juli Jajuli
Senior Manajer Legal & Komunikasi Perusahaan
PT DAHANA
Email : julijajuli@dahana.id
Mobile: 082111546999