Dahana adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang industri strategis yang menawarkan layanan bahan peledak yang terpadu untuk sektor Migas, Pertambangan Umum, Kuari dan Konstruksi. Dahana telah berpengalaman dari 40 tahun dan didukung oleh fasilitas lengkap, teknologi terkini dan SDM yang terbaik. Dahana adalah pilihan anda untuk menjadi mitra yang dapat menambah nilai perusahaan anda yang beroperasi di Indonesia.

VISI

Menjadi industri nasional yang terunggul dalam bidang bahan berenergi tinggi dengan menghasilkan barang dan jasa yang berdaya saing tinggi dan ramah lingkungan. 

MISI

Memenuhi kebutuhan bahan peledak komersial serta jasa - jasa pemanfaatannya untuk dunia pertambangan dan konstruksi.

Mendorong kemampuan penguasaan teknologi dan kemandirian melalui pengembangan kualitas SDM dan kemitraan strategis dengan pelanggan maupun pemasok.

Melaksanakan program pemerintah yang sesuai dengan bidang usaha dan tujuan perusahaan.

 

Dengan tiga lini bisnis; Explosives manufacturing, Drilling & Blasting dan Related services, Dahana melayani konsumen melalui tiga divisi: Pertama, Divisi Tambang Umum yang melayani pertambangan umum, seperti pertambangan batubara, emas,nikel dan lain-lain.  Kedua, Divisi Kuari & Konstruksi yang melayani segmen pertambangan kuari seperti andesit, semen dan granit, serta sektor konstruksi untuk pembangunan terowongan, jalan raya, pelabuhan, pembangkit listrik dan lain-lain.  Ketiga, Divisi Minyak & Gas yang melayani sektor pertambangan Migas dengan menawarkan layanan handak perforasi dan seismic berikut layanan penunjang lainnya seperti mobilisasi bahan peledak dan perizinan.

Untuk mendukung layanan tersebut, Dahana ditunjang pula oleh fasilitas produksi yang berada di Tasikmalaya, Subang dan Karimun, serta fasilitas produksi yang berada di lapangan seperti On Site Plant (OSP), ANFO Truck, MMU, Alat bor, Light Vehicle.  Dahana juga menyediakan fasilitas pergudangan yang memadai untuk penyimpanan bahan peledak.

Kinerja Dahana di sektor operasi ini telah diakui melalui diraihnya sertifikasi ISO dan OHSAS selain program-program safety  yang telah terintegrasi dengan baik.

 

KINERJA KEUANGAN

Financial Performance 2016

 

SUMBER DAYA MANUSIA

 

Human Resources

 

5 NILAI BUDAYA

Budaya DAHANA melandasi perilaku, dan tindakan insan DAHANA untuk menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Nasionalisme

Sebagai BUMN, DAHANA mampu menjadi perusahaan yang sehat, memiliki daya saing tinggi berkelanjutan, kemandirian teknologi dan sumber daya manusia yang cedas berbasis kecerdasan spiritual yang mampu menjaga kehormatan dan harga diri bangsa dan negara, agar eksistensi perusahaan tidak tergantung pada pihak asing.

Kepemimpinan & Profesionalisme

Kepemimpinan yang mampu membangun rasa percaya dan hormat dari yang dipimpin yang terlihat dari perilaku jujur, adil, terpercaya, memiliki integritas tinggi, mampu berkomunikasi dengan efektif, konsisten dan gigih, serta berani mengambil keputusan dengan tegas untuk kepentingan bangsa dan negara, dengan didukung oleh pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan tuntutan tugas dan tanggung jawabnya.

Amanah dan pelayanan

Mampu dengan sepenuh hati memenuhi komitmen yang dapat diandalkan kepada seluruh pihak yang berkepentingan (stakeholders) secara jujur, terbuka dan penuh tanggung jawab, memberikan pelayanan prima untuk pelanggan dengan tetap memiliki kepedulian yang tinggi pada lingkungan.

Inovatif & Keunggulan

Perusahaan mendukung dan memberikan perlakuan yang sama terhadap setiap individu PT DAHANA (Persero) untuk mampu mengembangkan proses dan atau jasa yang inovatif (dalam proses dan output) didasari oleh pola pikir dan perilaku pembelajaran yang kreatif, dinamis dan antisipatif. Keunggulan jasa yang diberikan DAHANA mampu memenuhi tuntutan sesuai dengan yang dijanjikan kepada pelanggan, dengan cepat dan tepat dalam waktu, cara, kualitas dan kuantitas.

Aliansi Global

Aliansi global merupakan tuntutan untuk menjadi perusahaan kelas dunia yang berada pada peringkat 5 besar di industri jasa peledakan di kawasan Asia, dengan mengembangkan jejaring seluas-luasnya yang berlandaskan kemitraan yang setara dan saling menguntungkan (equal and mutually beneficial partnership).