Plt. Direktur Utama PT DAHANA Ahyanizzaman didampingi Direktur Teknologi dan Pengembangan Suhendra Yusuf RPN serta Ketua Panitia HUT ke-58 DAHANA Wibowo Budi Santoso meluncurkan Logo dan Tema HUT ke-58 PT DAHANA yang dilaksanakan di Kampus Subang, Jawa Barat, Kamis, 27 Juni 2024.
Tema yang diangkat tahun ini adalah “Innovation With Integrity”. Peluncuran logo dan tema ini menandai dimulainya rangkaian kegiatan ulang tahun yang puncaknya akan dilaksanakan pada bulan Oktober.
Dalam sambutannya, Ahyanizzaman mengungkapkan bahwa dunia usaha saat ini selalu berada di situasi yang sangat dinamis dengan berbagai disrupsi yang menghantuinya. Namun, PT DAHANA berhasil mengokohkan diri menjadi kiblat perusahaan bahan peledak Indonesia dan mencapai usia ke-58.
“58 tahun bukanlah waktu yang sebentar bagi perusahaan di tengah-tengah dunia usaha yang mengalami disrupsi dan berbagai ketidakpastian global. Keberhasilan DAHANA hingga mencapai usia 58 tahun tidak lepas dari peran seluruh pihak baik RUPS, Dewan Komisaris, Jajaran Direksi, Karyawan, dan juga konsumen loyal DAHANA,” ungkap Ahyanizzaman.
Dia menambahkan, salah satu hal penting yang membawa DAHANA semakin maju seperti saat ini adalah berkat inovasi-inovasi di seluruh sektor, baik produk, proses manajerial, struktur perusahaan, hingga adaptasi perusahaan terhadap digital. Namun, sebagai perusahaan yang berkomitmen pada kemanusiaan dan lingkungan, inovasi harus dibersamai oleh integritas.
Sementara itu, Ketua Panitia HUT ke-58 DAHANA Wibowo Budi Santoso mengatakan, tema “Innovation With Integrity” dipilih dengan harapan perusahaan dapat melakukan inovasi yang berkelanjutan dan bertanggung jawab. Inovasi yang tidak hanya membawa keuntungan bagi perusahaan, juga dapat memberikan dampak yang positif bagi karyawan, lingkungan, dan masyarakat secara luas.
Secara filosofis, tema HUT ke-58 ini menekankan pada Inovasi Berbasis nilai, yaitu setiap inovasi yang dilakukan mesti berdasarkan pada etika dan dan integritas, yang mencakup kejujuran dalam penelitian dan pengembangan serta transparan dalam mengembangkan teknologi baru. Pengembangan Sumber Daya Manusia, atau menempatkan karyawan sebagai agen utama dari inovasi, serta menciptakan lingkungan yang mendukung kreativitas dan pembelajaran terus-menerus.
Lebih lanjut, Pemanfaatan Teknologi, di mana perusahaan menggunakan teknologi dalam inovasi secara berintegritas untuk memecahkan masalah nyata dan menciptakan nilai tambah bagi perusahaan, masyarakat dan lingkungan. Terakhir, inovasi yang menekankan pada nilai-nilai AKHLAK, dengan mengintegrasikan nilai Amanah, Kompeten, Harmoni, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif dalam setiap inovasi yang dikembangkan.
Masih menurut Wibowo, panitia juga mengangkat Logo Dolphin atau Lumba-lumba sebagai mascot HUT-58. Lumba-lumba dikenal sebagai hewan yang inovatif dengan pemanfaatan teknologi serupa spon yang melindungi dirinya ketika mencari makan di dasar laut, lumba-lumba juga memiliki teknologi canggih dalam berkomunikasi secara kompleks, baik dengan suara ataupun bahasa tubuh.
“Lumba-lumba adalah cerminan sinergi antara manusia, teknologi, dan nilai-nilai AKHLAK. Sifat-sifat mereka menunjukkan kecerdasan, empati, inovasi, kerja sama, dan adaptasi. Lumba-lumba adalah contoh bagaimana makhluk hidup bekerja bersama dalam harmoni, menggunakan kecerdasan dan inovasi untuk bertahan hidup, serta mempraktikkan nilai-nilai etika dalam interaksi mereka sehari-hari,” pungkas Wibowo.