PT DAHANA (Persero) kembali melanjutkan tradisi mendapatkan penghargaan di berbagai bidang setiap tahunnya. Inovasi dan transformasi perusahaan selalu dijaga dalam rangka penguatan perusahaan dihadapan persaingan ketat industri bahan peledak di tanah air dan dunia global. Selain itu, kinerja baik DAHANA merupakan usaha memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen, serta cara perusahaan plat merah ini untuk terus berpartisipasi dalam melayani negeri.

Pada 2019, kinerja Dewan Komisaris, Dewan Direksi, serta seluruh jajaran karyawan DAHANA berada dalam garis lurus dengan tema DAHANA tahun ini “Melompat Lebih Tinggi”. Inovasi dan transformasi perusahaan yang mewujud pada produksi bahan peledak baru, total service solution, manajemen dan pelaporan keuangan yang baik diganjar dengan beragam penghargaan baik dari instansi pemerintah hingga insititusi swasta.

Tahun ini, DAHANA mulai merealisasi pembangunan Pabrik Amonium Nitrat bekerjasama dengan PT Pupuk Kaltim untuk mewujudkan kemandirian usaha di hulu bahan peledak, pembuatan bahan peledak baru bernama DAHANA Water Gel (DAWAGEL) melengkapi pelayanan perusahaan pada konsumen, pembuatan Laporan Keuangan Perusahaan Tahunan yang benar dan tepat waktu, keikutsertaan dalam forum-forum pameran tingkat nasional hingga internasional, dan pemberian Corporate Social Responsibility (CSR) tepat guna dan bermanfaat bagi masyarakat menjadi catatan penting pencapaian DAHANA di tahun 2019. Berikut daftar hasil panen prestasi DAHANA tahun ini.

Trophy LKTP 2019 Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia memberikan apresiasi kepada perusahaan yang rajin dalam memberikan Laporan Keuangan Perusahaan Tahunan (LKTP) secara rutin. Apresiasi LKTP 2019 diberikan langsung oleh Menteri Perdagangan Agus Suparmanto pada acara penghargaan LKTP 2018 yang diselenggarakan pada Rabu, 4 Desember 2019, di Balai Kartini, Jakarta.

Penerima penghargaan ini dibagi ke dalam dua kategori, yaitu kategori Penanaman Modal Asing (PMA) dan kategori Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), masing-masing kategori PMA dan PMDN untuk jenis perusahaan sektor perdagangan atau industri. Pada tahun ini, terdapat 12 perusahaan yang mendapatkan penghargaan LKTP dari Kementerian Perdagangan. 12 perusahaan yang disaring dari 2.035 perusahaan pelapor LKTP 2019.

PT DAHANA (Persero) mencatatkan namanya sebagai peraih award kategori Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) BUMN Sektor Industri. Trophy LKTP 2019 diterima langsung oleh Direktur Utama PT DAHANA (Persero) dari Menteri Perdagangan Agus Suparmanto.

Kriteria penerima penghargaan terdiri dari; penyampaian LKTP secara berturut-turut selama tiga tahun sejak 2015, kecepatan waktu penyampaian yang dihitung berdasarkan tanggal akhir tutup buku masing-masing perusahaan dibanding dengan batas akhir enam bulan pelaporan ke Kementerian Perdagangan, dan kelengkapan dokumen yang terdiri dari; profil perusahaan, opini terhadap LKTP dari akuntan publik, serta penyataan kebenaran dari Dewan Direksi dan persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Sebelumnya, Mendag Agus Suparmanto menyatakan pelaporan keuangan tahunan perusahaan setiap tahunnya terus menurun. Padahal, LKTP sangat dibutuhkan oleh pemerintah sebagai alat untuk mengukur perekonomian negara, dan bahan pemerintah dalam membuat peraturan, utamanya terkait dengan penyebaran investasi dan pemerataan industri. Oleh sebab itu, Kementerian Perdagangan sangat mengapresiasi seluruh perusahaan yang telah melaporkan keuangannya.

“Penghargaan ini merupakan wujud apresiasi Pemerintah Indonesia kepada perusahaan atas komitmen dan kepatuhannya dalam menyampaikan LKTP secara rutin, tepat waktu, dan benar kepada Kementerian Perdagangan,” ujar Agus Suparmanto.

Dalam rangka menegakkan pelaporan LKTP, Pemerintah sedang melakukan berbagai cara seperti; merevisi Peraturan Kementerian Perindustrian dan perdagangan Nomor 121/MPP/Kep/2/2002 tentang Ketentuan Penyampaian Laporan Keuangan Tahunan Perusahaan. Salah poin di dalamnya adalah mengatur perpindahan cara pelaporan LKTP dari manual menuju digital. Hal ini dilakukan dalam rangka mempermudah perusahaan untuk melaporkan keuangannya kepada Kemendagri. AAA

Jajaran Pejabat PT DAHANA (Persero) berkomitmen untuk secara rutin, tepat waktu, dan benar menyampaikan LKTP perusahaan yang menjadi kiblat bahan peledak Indonesia tersebut kepada Kemendagri setiap tahunnya. Hal ini merupakan salah satu tugas yang diberikan para RUPS kepada perusahaan.

“Kami berharap DAHANA sebagai BUMN dapat menjadi contoh untuk BUMN dan Perusahaan lain agar LKTP dapat dibuat secara tepat waktu, dan benar. Serta untuk internal, DAHANA dapat mempertahankan LKTP tepat waktu dan benar, jangan sampai salah dan telat. Karena LKTP tepat waktu dan benar adalah harapan dari pemegang saham,” ujar Budi Antono.

Penghargaan BUMN Terbaik 2019 Majalah Investor
Majalah Investor merupakan media yang berfokus kepada investasi portofolio, membantu pembacanya mengenal lebih dalam mengenai perusahaan publik dan institusi keuangan, sekaligus mendorong perusahaan untuk terus menjadi yang terbaik. Berada di bawah naungan BeritaSatu Media Holding, Majalah Investor memiliki program melakukan pemeringkatan dan penghargaan kepada emiten terbaik, bank terbaik, asuransi terbaik, unit link terbaik, multifinance terbaik, perusahaan sekuritas terbaik, reksa dana terbaik, dana pensiun terbaik, syariah terbaik, BUMN terbaik, serta tokoh finansial.

Pada 2019, Majalah Investor menyelenggarakan Tokoh Finansial dan BUMN Terbaik 2019 di Balai Kartini Jakarta pada Kamis malam, 12 Desember 2019. PT DAHANA (Persero) berhasil mendapatkan penghargaan sebagai BUMN Terbaik 2019 kategori Bidang Non Keuangan Sektor Industri Strategis. Direktur Keuangan dan SDM PT DAHANA (Persero) Asmorohadi menerima piagam award yang diserahkan oleh CEO BeritaSatu Media Holding Nicky Hogan yang disaksikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Direktur Pemberitaan BeritaSatu Media Holdings Primus Dorimulu menjelaskan, penghargaan kepada BUMN Terbaik 2019, dinilai secara kualitatif dari sumber informasi sekunder dan diskusi intensif yang dilakukan oleh para juri. Penghargaan ini merupakan upaya Majalah Investor dalam mendukung perekonomian Indonesia di tengah ketidakpastian ekonomi global akibat perang dagang berkepanjangan antara China dan Amerika Serikat.

PT DAHANA (Persero) sudah mempersiapkan diri menghadapi persaingan dan kondisi perekonomian global dengan penguatan di berbagai bidang. Terhitung sejak tahun 2019, DAHANA melakukan investasi membangun Pabrik Amonium Nitrat bekerjasama dengan PT Pupuk Kaltim dalam rangka membangun kemandirian bahan peledak dalam negeri. Dengan pembangunan Pabrik Amonium Nitrat, DAHANA optimis dapat berkembang menjadi perusahaan BUMN yang besar.

Penghargaan Mitra Pembangunan CSR Kabupaten Subang
PT DAHANA (Persero) kembali meraih Penghargaan Mitra Pembangunan Kabupaten Subang melalui Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL)/Corporate Social Responsibility (CSR) 2019. Acara pernyerahan penghargaan digelar bertepatan dengan puncak peringatan Hari Aids Internasional di Halaman Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Subang, 9 Desember 2019. Bupati Subang H. Ruhimat menyerahkan penghargaan kepada PT DAHANA (Persero) yang diwakilkan oleh Manager Humas & Kelembagaan Juli Jajuli.

Dengan motto “Serving The Nation Better”, DAHANA menegaskan perusahaannya tidak hanya berorientasi pada profit, melainkan juga aspek kemandirian industri bahan peledak dalam negeri, berikut kemandirian masyarakat di sekitar perusahaan menjadi concern perusahaan industri bahan peledak ini. Sejak tahun 1992 DAHANA telah berkomitmen dan melaksanakan berbagai kegiatan CSR melalui PKBL, kegiatan PKBL dilaksanakan dalam rangka membantu peningkatan perekonomian warga yang berada di sekitar perusahaan.

Untuk program kemitraan, PT DAHANA (Persero) telah memberikan bantuan modal, pelatihan manajemen, keterampilan, serta strategi pemasaran. Tak hanya itu, sebagai bentuk keseriusan, DAHANA turut mengikutkan UMKM mitranya dalam beragam acara pameran dari skala lokal, nasional, hingga internasional. Sektor UMKM yang dibina DAHANA meliputi perindustrian, pertanian, peternakan, perikanan, jasa, dan perdagangan. BBBB

Selain itu, untuk program Bina Lingkungan, DAHANA memberi bantuan berupa pendidikan dan pelatihan, peningkatan kesehatan, pembangunan sarana dan prasarana umum, bantuan keagamaan, bantuan terhadap daerah yang terkena bencana, dan pelestarian alam. Seluruh program PKBL ini dibiayai oleh perusahaan dengan anggaran 2% laba bersih yang didapatkan perusahaan.

PT DAHANA (Persero) memiliki kepedulian mendalam pada pemberdayaan masyarakat Subang, terhitung sekitar 650 warga Subang terlibat sebagai tenaga kerja langsung dan tidak langsung. DAHANA menginginkan kehadirannya benar-benar dirasakan secara bermanfaat bagi masyarakat Subang. Sebagai bentuk rasa syukur DAHANA, Pekan CSR DAHANA kini rutin diadakan tiap tahun di Kantor Manajemen Pusat. Manager Humas PT DAHANA (Persero) Juli Jajuli berbangga dengan capaian perusahaannya yang diapresiasi oleh Pemerintah Kabupaten Subang.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras DAHANA dalam membangun Subang khususnya melalui program CSR. Semoga DAHANA bisa terus memberikan bantuan dan turut serta membangun Kabupaten Subang melalui program CSR berkelanjutan,” ungkap Juli Jajuli.

International Sales & Marketing dan CMO BUMN, BUMN Track
Selama ini bahkan dalam waktu belakangan, BUMN seringkali dilihat melulu dari sisi negatif, korupsi di kalangan pejabat BUMN, bangkrut, penyelamatan BUMN melalui Penyertaan Modal Negara, serta berbagai macam masalah lainnya memenuhi ruang informasi masyarakat. Padahal masih banyak BUMN yang memiliki sederet prestasi dan hal-hal positif lainnya.

Dalam rangka menciptakan optimisme masyarakat dan para insan BUMN, BUMN Track dengan prinsip positive journalism-nya memberikan apresiasi kepada BUMN berprestasi. Dengan tema “Beyond Inovation, Marketing, and Branding”, BUMN Track menggelar BUMN Branding and Marketing Awards 2019 di Ballroom Hotel Ritz Calton, Jakarta, 5 November 2019.
PT DAHANA (Persero) meraih dua penghargaan sebagai “International Sales & Marketing kategori Corporate Marketing BUMN Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media” serta “CMO Marketing Leadership kategori CMO BUMN Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media” yang disematkan ke Direktur Operasi PT DAHANA (Persero) Bambang Agung.

Menurut Rhenald Kasali, sebagai ketua Dewan Juri BUMN Branding and Marketing Award 2019, mengelola BUMN merupakan sesuatu yang tidak mudah. Orang seringkali menganggap mengelola BUMN itu dengan modal yang sudah ada dan berjumlah banyak, pasar yang sudah terbuka, dan SDM siap. Nyatanya selama penjurian, dia menemukan semua keberhasilan BUMN karena usaha dan fokus para insan yang bekerja di dalamnya.

Seperti apa yang telah dilakukan oleh DAHANA dalam waktu yang cukup panjang, perusahaan plat merah yang bergerak di Industri bahan peledak itu mesti berhadapan dengan berbagai macam krisis bahkan sampai pencabutan izin usaha, namun semua itu tak membuat surut. Transformasi dan inovasi, serta fokus menjadi kunci bagi kemajuan perusahaan dan resep mendapat banyak penghargaan seperti dua piala yang diraih hari ini.

“Bukti kita kerja keras, seluruh tim DAHANA khususnya marketing sangat diapresiasi BUMN Track, kita harus fokus pada apa yang kita rencanakan, strategi marketing kita perlu terus dikawal dan dievaluasi setiap bulannya. Seperti yang saya sampaikan kepada juri BUMN Track, DAHANA menginginkan 25 persen market share di pertambangan umum dalam Negeri sekaligus perluasan di pasar global,” ungkap Bambang Agung.

Digital Brand Marketing, Infobank
PT DAHANA (Persero) dianugerahi penghargaan oleh majalah keuangan ternama, Infobank dan Isentia sebagai partner risetnya, pada acara 8th Infobank Digital Brand Awards 2019 untuk Kategori Kelompok Bumn Dengan Aset Satu Hingga Dua Setengah Triliyun yang diterima langsung oleh Direktur Utama Budi Antono. Acara ini diselenggarakan di Hotel The Westin, Jakarta, Kamis, 16 Mei 2019.

Melalui riset panjang yang diselenggarakan Isentia dengan menggunakan metode Monitoring Social Media sejak Januari hingga Desember 2018, PT DAHANA (Persero) ditetapkan sebagai pemenang. DAHANA memiliki beragam platform digital seperti Instagram, Facebook, Twitter, Web, hingga portal berita. Selama ini, seluruh platform digital berisikan konten terbaru dari perusahaan, baik kegiatan perusahaan, karyawan berprestasi, produk-produk terbaru, hingga konten untuk berkomunikasi lebih dekat dengan stakeholder.

Eko B. Supriyanto Direktur Biro Riset Infobank menjelaskan, penguatan ruang komunikasi di dunia digital kini menjadi sangat penting bagi perusahaan sebagai ruang bercengkrama antara perusahaan dengan stakeholder baik dari kalangan konsumen, pemegang saham, hingga masyarakat secara umum bisa mengetahui kabar perusahaan dengan mudah dan transparan melalui platform digital yang ada.

“Penguatan brand perusahaan dan produk melalui saluran digital menjadi teramat penting untuk meningkatkan business activity, apalagi di jaman milenial seperti sekarang ini,” ujar Eko B. Supriyanto, Direktur Biro Riset Infobank. (yz)