PT DAHANA (Persero) terpilih kembali sebagai kandidat penerima penghargaan TOP CSR 2021 yang diadakan oleh Majalah Top Business. Budi Antono selaku Direktur Utama DAHANA menghadiri sesi wawancara penjurian dan presentasi secara daring pada Selasa, 2 Maret 2021.
Pada kesempatan tersebut, Budi menjelaskan bahwa DAHANA menjalankan program CSR (Corporate Social Responsibility) yang paralel dengan strategi bisnis. CSR tersebut mencakup tiga bidang, yakni bidang kesehatan, pelestarian alam serta sosial kemasyarakatan.
“Program CSR DAHANA adalah bersifat berkelanjutan. Dalam bidang kesehatan kita ada program pemberantasan stunting di Desa Sadawarna Subang, lalu dibidang pelestarian alam ada program pembuatan biogas oleh masyarakat pada cluster peternakan sapi, sementara sosial kemasyarakatan DAHANA menjalankan program pemberdayaan ekonomi dan sarana air bersih untuk masyarakat,” terang Budi.
Lanjutnya lagi, Budi menerangkan bahwa program CSR yang DAHANA lakukan mempunyai aspek CSV (Creating Shared Value). Contohnya adalah CSR yang melahirkan mitra binaan yang mampu mengekspor produk secara global.
“Mitra binaan DAHANA sudah mampu mengekspor handycraft ke Jerman, ekspor arang ke Arab Saudi, dan terakhir bulan Februari 2021 kemarin ada mitra binaan DAHANA yang mengikuti pameran kopi skala Internasional di Dubai,” ujar Budi.
Menurut Budi, ada manfaat yang didapatkan Dahana dari CSR mengandung CSV seperti itu. Antara lain, dengan adanya produk ekspor global dari mitra binaan, reputasi Dahana pun turut naik lebih lanjut.
“Kemudian, sudah tentu masyarakat pun merasakaan manfaat dari CSR yang seperti itu. Dalam hal ini, ada kenaikan nilai ekonomi bagi masyarakat, untuk menghasilkan produk ramah lingkungan dan siap ekspor,” lanjut Budi.
Pada kesempatan ini juga Budi menjelaskan sejumlah langkah DAHANA dalam menjalankan CSR pada masa Pandemi Covid-19. Menurutnya, seluruh jajaran direksi Dahana terlibat langsung pada CSR tersebut.
“Bentuk CSR tersebut ada beberapa, yakni bantuan APD (alat pelindung diri), penyemprotan cairan pembersih ke sarana ibadah, sarana pendidikan, sarana umum serta pembagian paket sembako ke masyarakat dan lain-lain,” Budi Antono menjelaskan.
Saat ini, anggaran CSR dari DAHANA berkisar 2% dari laba bersih. “Kebetulan, saat adanya Pandemi Covid-19, DAHANA menjadi BUMN industri strategis yang masih mendapatkan laba,” pungkas Budi.