SUBANG – Wakil Bupati Subang Agus Maskur Rosyadi memberikan pesan agar keberadaan Bendungan Sadawarna kepada masyarakat disekitarnya. Pesan tersebut disampaikan Wabup kepada Ketua TJSL PT DAHANA Eman Suherman ketika keduanya bertemu di Cibogo, 23 Desember 2022.

“Pak Wakil Bupati memberikan arahan, agar Bendungan Sadawarna harus memberikan nilai tambah bagi masyarakat di sekitarnya, begitu juga untuk DAHANA yang memiliki sejarah panjang dengan pembangunan Sadawarna,” ungkap Eman Suherman.

Eman menjelaskan, sebelumnya ia baru saja selesai mengikuti pertemuan dengan Puskesmas Cibogo untuk membahas program stunting yang sudah dicanangkan oleh DAHANA. Sementara, Wabup Agus baru selesai mengunjungi Bendungan Sadawarna yang rencananya akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Selasa, 27 Desember 2022 mendatang.

Eman juga menambahkan, pihaknya telah mempersiapkan diri untuk berkolaborasi dengan masyarakat sekitar dalam menggali potensi wisata di Bendungan Sadawarna, tepatnya yang berada di sekitar lahan DAHANA.

“Secara prinsip, TJSL DAHANA siap memanfaatkan sebesar-besarnya Bendungan Sadawarna untuk kemaslahatan masyarakat di sekitar,” tutur Eman Suherman.

Sebagaimana diketahui, pembangunan Bendungan Sadawarna berawal dari lahan yang dilepaskan oleh DAHANA kepada pemerintah. Bendungan Sadawarna masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) di Bidang Sumber Daya Air yang dicanangkan oleh Pemerintah Joko Widodo sejak Tahun 2017.

Bendungan Sadawarna ini mampu menampung 44,61 juta m3 untuk mensuplai irigasi seluas 4.500 hektar di Kabupaten Subang, Sumedang dan Indramayu, dan diharapkan dapat membantu meningkatkan pertanian di Subang yang selama ini mengandalkan metode tadah hujan yang hanya satu tahun sekali.

Selain itu, terdapat berbagai macam potensi perekonomian dengan adanya Bendungan Sadawarna, antar lain potensi pariwisata baru, potensi perikanan, dan tentunya memiliki efek domino dengan pembukaan lapangan pekerjaan yang baru.