Dalam rangka menambah ilmu pengetahuan mahasiswa di industri terutama di bidang minyak dan gas, mahasiswa Program Studi D-III Teknik Kimia angkatan 2021 Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) melaksanakan kunjungan ke Pusat Bahan Berenergi Tinggi PT DAHANA. Rombongan mahasiswa POLBAN diterima oleh Senior Manajer Pelayanan Korporasi, Ogi Nugraha di Kampus DAHANA, Subang, pada hari Jum’at, 19 Agustus 2022.

Dalam sambutannya, Ogi menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan mahasiswa Polban, menurutnya Kampus DAHANA merupakan rumah terbuka bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk mempelajari hal-hal terkait bahan peledak, dari proses pembuatan hingga aplikasinya.

“Kami mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa dan dosen pendamping dari Politeknik Negeri Bandung di Kampus kiblat bahan peledak Indonesia. Semoga kunjungan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang industri khususnya yang berhubungan dengan kimia,” ujar Ogi.

Ogi juga menambahkan, saat ini DAHANA memiliki pabrik terbaru, yaitu pabrik elemented detonator yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dalam rangkaian peluncuran holding BUMN Industri Pertahanan DEFEND ID. Selain itu, DAHANA juga sedang mengebut pembangunan pabrik Amonium Nitrat yang diharapkan dapat mendorong Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dari produk-produk DAHANA.

Sementara itu, Dosen pembimbing mahasiswa POLBAN, Gatot Subiyanto menjelaskan, kunjungan 31 mahasiswa angkatan 2021 ke DAHANA, digelar untuk melihat lebih dekat proses produksi, analisis bahan dan produk, quality control, dan pengolahan limbah.

“Saya kali ini membawa anak didik mahasiswa teknik kimia semester 3. Sengaja saya bawa ke DAHANA karena ingin melihat fasilitas yang DAHANA miliki,” ungkapnya.

DAHANA, merupakan perusahaan bahan peledak yang memiliki fasilitas terlengkap di kawasan ASEAN, berbagai macam pabrik bahan peledak berdiri di kawasan Energetic Material Center, Subang. Selain itu, juga terdapat fasilitas lain seperti, pergudangan, pengolahan limbah, hingga pemusnahan bahan peledak.

Selain melayani bahan peledak komersial yang sudah teruji selama puluhan tahun, DAHANA yang mengedepankan konsep dual-use system juga handal dalam memproduksi bahan peledak militer, seperti Bomb P Series, serangkaian Roket Pertahanan RI, propelan, Senjata Lawan Tank, Roket Smokeless, hingga yang terbaru sedang mengembangkan Drone Kamikaze bernama Rajata.