News Image

PT DAHANA (Persero) menghadiri acara Penyerahaan Penghargaan Pengelolaan Keselamatan Pertambangan, Perlindungan Lingkungan, dan Usaha Jasa Pertambangan Mineral dan Batubara tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), di Gedung Balai Kartini, 8 Mei 2018.


Acara yang diikuti oleh ratusan peserta ini memperebutkan penghargaan dari empat kategori yakni, Perusahaan Pemegang PKP2B, Perusahaan Pemegang Kontrak Karya, Perusahaan Pemegang Izin Usaha Pertambangan BUMN, dan Perusahaan Pemegang Izin Usaha Pertambangan. Menurut Bambang Gatot Ariyono Dirjen Minerba Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi pada operator pertambangan yang menjalankan regulasi dengan baik.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan, dia menyampaikan empat hal. Pertama, Presiden meminta agar Sumber Daya Alam digunakan secara berkeadilan, Negara mewakili masyarakat tidak mendapat sesuatu secara signifikan, harus ada fairness penerimaan negara. Kedua adalah kemanan, keselamatan, kalau ada kecelakaan kerja, maka dia akan memeriksa bahkan akan mencabut perizinannya, karena kalau ada nyawa orang meninggal tanggungjawabnya bukan hanya kepada negara tetapi juga kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Saya zero toleransi urusan safety." ujar Jonan.

Kemudian Jonan melanjutkan, hal ketiga adalah Public Governance, dia mengapresiasi setiap asosiasi yang selama ini telah koperatif, dan terakhir tentang memaksimalkan tenaga kerja yang berasal dari masyarakat sekitar dalam setiap operasi pertambangan.

Sementara itu, pada perhelatan ini untuk pertama kalinya PT DAHANA (Persero) mendapatkan penghargaan utama Pengelolaan Usaha Jasa Pertambangan Sub Bidang Peledakan 2018. Menurut Direktur Operasi PT DAHANA (Persero) Bambang Agung, ini merupakan suatu hal yang harus disyukuri dan dipertahankan.

"Kita harus bersyukur karena ini yang pertama kali DAHANA mendapatkan penghargaan utama untuk usaha jasa pertambangan, sub bidang peledakan. Nominator yang empat itu tiga diantaranya adalah pemain asing dan ternyata DAHANA mendapat nilai paling tinggi, kedua, cara penilaiannya transparan dan fair, karena meliputi beberapa tenaga, ini membuktikan bahwa DAHANA mampu baik secara teknologi, manajerial, dan SDM-nya. Oleh sebab itu, ini harus dipertahankan." ujar Agung kepada Dfile usai acara.

Hadir mewakili DAHANA, Direktur Operasi Bambang Agung, GM DTU 1 Herry Sudaryanto, GM DTU 2 Abdul Haris Atbaro, SM DTU Dadan Munawar, Site Koordinator Sonny Marindo, GM DKK Titan Irawan, SM Sudirjo Heru, SM Alif Muharam, SM Setio Budhianto, Manager Ryan Noverie Pasoreh dan Humas.(YQ)