PT DAHANA atau “DAHANA” adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) anggota Holding Industri Pertahanan (DEFEND ID) yang bergerak di bidang bahan berenergi tinggi yang menyediakan layanan bahan peledak terpadu untuk sektor Pertambangan Umum, Kuari dan Konstruksi, Minyak dan Gas, serta Pertahanan. 

Sejarah DAHANA sebagai pionir di industri ini berawal dari proyek Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) pada tahun 1966 yang dikenal dengan Proyek Menang, berlokasi di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kemudian, pada tahun 1973 secara resmi menjadi Perusahaan Umum DAHANA berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 36/1973 sebelum ditetapkan sebagai Perusahaan Perseroan pada tahun 1991.

Lini Bisnis DAHANA terus berkembang mencakup: Explosives Manufacturing, Drilling & Blasting, Related Services, dan Defence Related untuk pelanggan di seluruh Indonesia dan dunia.

Barang dan jasa DAHANA digunakan setiap hari oleh berbagai industri di Indonesia, dari sektor pertambangan umum, baik logam, mineral maupun batubara; sektor kuari dan konstruksi seperti industri semen, aspal dan penggalian batu andesit; proyek konstruksi seperti dam, terowongan, irigasi, penghancuran gedung-gedung tua, pendalaman pelabuhan; sektor minyak dan gas seperti operasi perforasi casing sumur minyak, operasi seismik; dan juga operasi militer.

Sebagai pionir di industri peledakan dengan reputasi terpercaya sebagai produsen bahan peledak dan penyedia jasa peledakan menyeluruh, DAHANA memenuhi seluruh kebutuhan tahapan proses peledakan.

Dalam era lahir kembali, DAHANA saat ini ingin melayani negeri lebih baik dari sebelumnya dan menjadi mitra pemerintah dalam pengembangan industri pertahanan di tanah air.

SERVING THE NATION BETTER!

VISI

  • Menjadi industri nasional yang terunggul dalam bidang bahan berenergi tinggi dengan menghasilkan barang dan jasa yang berdaya saing tinggi dan ramah lingkungan. 
MISI
  • Memenuhi kebutuhan bahan peledak komersial serta jasa - jasa pemanfaatannya untuk dunia pertambangan dan konstruksi.
  • Mendorong kemampuan penguasaan teknologi dan kemandirian melalui pengembangan kualitas SDM dan kemitraan strategis dengan pelanggan maupun pemasok.
  • Melaksanakan program pemerintah yang sesuai dengan bidang usaha dan tujuan perusahaan.

 

Aktivitas Operasi

Dengan empat lini bisnis; Explosives Manufacturing, Drilling & Blasting, Related Services, dan Defence Related, Dahana melayani konsumen melalui tiga divisi: Pertama, Divisi Tambang Umum yang melayani pertambangan umum, seperti pertambangan batubara, emas,nikel dan lain-lain.  Kedua, Divisi Kuari & Konstruksi yang melayani segmen pertambangan kuari seperti andesit, semen dan granit, serta sektor konstruksi untuk pembangunan terowongan, jalan raya, pelabuhan, pembangkit listrik dan lain-lain.  Ketiga, Divisi Minyak & Gas yang melayani sektor pertambangan Migas dengan menawarkan layanan handak perforasi dan seismic berikut layanan penunjang lainnya seperti mobilisasi bahan peledak dan perizinan.

Barang dan jasa DAHANA digunakan oleh berbagai industri di Indonesia, mulai dari sektor pertambangan umum, kuari dan konstruksi, minyak dan gas serta pertahanan. DAHANA juga menempatkan pabrik di lokasi tambang yang diberi nama On Site Plant (OSP) dengan dukungan Mobile Manufacturing Truck (MMT) sebagai hasil inovasi untuk meningkatkan efektivitas dan produktivitas kinerja operasi klien kami. Selain untuk pasaran domestik, produk-produk DAHANA juga telah diekspor ke mancanegara seperti ke Kanada, Oman, Iran, Mesir, Tiongkok, Qatar, Australia, ASEAN dan lain-lain.

 

KINERJA KEUANGAN

grph1grph2

 

SUMBER DAYA MANUSIA

HR

Dalam upaya mendukung reposisi bisnis ke arah services provider dengan konsep Total Solution yang selaras dengan prioritas utama Kementerian BUMN, peran HRD menjadi sangat vital untuk
tercapainya kesuksesan bisnis.

Sasaran HRD telah dipatok dan dalam 5 tahun mendatang ditargetkan sebanyak 50% dari talenta terbaik Dahana di jajaran BOD-1 dapat masuk ke dalam talent pool Kementerian BUMN.
Pada tahun 2021 target perusahaan pada perspektif organisasi dan SDM antara lain: peningkatan produktivitas dan kompetensi karyawan melalui:


1. Peningkatan produktivitasi karyawan.
2. Program pengembangan SDM, baik yang disusun oleh Kementerian BUMN maupun melalui program internal perusahaan, seperti pemenuhan sertifikasi kompetensi persyaratan kerja, pengembangan kepemimpinan dan strategi bisnis serta pengembangan individu.
3. Sistem pengelolaan SDM berkelanjutan (workload analysis, perbaikan sistem manajemen kinerja dan talent management).

Jumlah SDM berdasarkan tingkat pendidikan pada akhir 2021 adalah 1.052 orang terdiri dari 258 orang karyawan tetap dan 537 orang karyawan permanen proyek, pemanen unit dan kontrak
professional, 167 karyawan alih daya serta 90 orang karyawan borongan/harian.

 

NILAI BUDAYA INDONESIA

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia memiliki nilai dasar yang seragam. Nilai dasar atau core values ini adalah AKHLAK, akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

1. Amanah (Memegang teguh keperecayaan yang diberikan)
- Memenuhi janji dan komitmen
- Bertanggung jawab atas tugas, keputusan dan tindakan yang dilakukan
- Berpegang teguh kepada nilai moral dan etika


2. Kompeten (Terus belajar dan mengembangkan kapabilitas)
- Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah
- Membantu orang lain belajar
- Menyelesaikan tugas dengan kualitas terbaik


3. Harmonis (Saling peduli dan menghargai perbedaan)
- Menghargai setiap orang apa pun latar belakangnya
- Suka menolong orang lain
- Membangun lingkungan kerja yang kondusif


4. Loyal (Berdedikasi dan mengutamaka kepentingan bangsa dan negara)
- Menjaga nama baik sesama karyawan, pimpinan, BUMN dan negara
- Rela bekorban untuk mencapai tujuan yang lebih besar
- Patuh kepada pimpinan sepanjang tidak bertentangan dengan hukum dan etika


5. Adaptif (Terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan)
- Cepat menyesuaikan diri untuk menjadi lebih baik
- Terus-menerus melakukan perbaikan mengikuti perkembangan teknologi
- Bertindak proaktif


6. Kolaboratif (Membangun kerja sama yang sinergis)
- Memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi
- Terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah
- Menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama