News Image

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan sekaligus membangkitkan perekonomian mitra binaan, PT DAHANA bersama-sama dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Subang menggelar sunatan masal untuk anak-anak. Sunatan tersebut diselenggarakan pada Selasa, 29 Maret 2022 di Pendopo Kabupaten Subang.

Ketua unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) DAHANA, Eman Suherman menyampaikan, pada gelaran sunatan masal ini, pihaknya menggandeng UMKM mitra binaan DAHANA untuk memberikan produk lokal buatannya yang dijadikan bingkisan untuk peserta khitanan.

“Kami ingin turut berpartisipasi membantu masyarakat dalam menjalankan syariat berupa khitanan anak dalam kondisi ekonomi yang serba sulit ini. Namun selain membahagiakan peserta khitanan, kami juga mendorong UMKM mitra binaan PT DAHANA untuk diserap produknya dan diberikan kepada peserta,” ujar Eman.

Eman juga menjelaskan, Mitra Binaan DAHANA yang bergerak di sektor UMKM merupakan salah satu institusi yang terdampak pandemi, beberapa mitra binaan DAHANA bahkan tidak dapat beroperasi karena sulitnya perekonomian masyarakat, padahal sebagian produk dari mitra binaan DAHANA sudah memiliki kontrak ekspor, namun batal dilangsungkan karena pembeli juga mengalami kesulitan ekonomi.

Keberadaan sunatan masal, menjadi salah satu strategi DAHANA untuk menyerap hasil produksi mitra binaan, baik berupa makanan ringan, ataupun mainan anak. Hal ini diharapkan dapat menggerakkan perekonomian mitra binaan, sehingga dapat kembali beroperasi dan mengembangkan usahanya.

Hernawan, salah satu mitra binaan DAHANA dengan nama usaha Evan Art Gallery, sehari-harinya ia memproduksi kerajinan tangan berupa mainan anak, hingga pedang ukir. Pada kegiatan khitanan masal ini ia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada DAHANA, karena selain memberikan bantuan modal, DAHANA selalu hadir memberikan solusi kepada mitra binaan, dari pelatihan, pemasaran, hingga penyerapan produk di saat genting seperti pandemi ini.

“Kami sangat berterima kasih kepada DAHANA, setelah beberapa tahun kami berhenti beroperasi akibat pandemi, serta keran ekspor dan pariwisata belum pulih, DAHANA hadir menyerap hasil produksi kami, semoga ini menjadi tambahan penyemangat kami untuk bangkit khususnya di bidang UMKM yang bergerak di sektor handicraft,” ujar Hernawan.