SUBANG – Peserta Kursus Juru Ledak Mabes Polri mengunjungi DAHANA dalam rangka menambah dan memperdalam wawasan dan pengetahuan tentang bahan peledak. Rombongan Mabes Polri diterima oleh Vice President Energetic Material Center (EMC) Benny Gunawan di Auditorium Kampus DAHANA, Subang, Jumat, 28 Oktober 2022.

Dalam sambutannya, Benny menuturkan Kampus DAHANA bukanlah universitas, melainkan kepanjangan dari Kantor Manajemen Pusat DAHANA. Meskipun begitu, secara filosofis, istilah kampus tetap melekat, karena DAHANA seringkali dikunjungi oleh berbagai tamu yang ingin belajar dan mendalami tentang bahan peledak.

“Selain itu, untuk saat ini, kawasan Energetic Material Center (EMC) DAHANA merupakan yang terbesar dan memiliki fasilitas terlengkap di ASEAN. Sejak April 2022, DAHANA juga masuk ke dalam holding BUMN Industri Pertahanan Indonesia, DEFEND ID bersama dengan PT Len Industri (Persero), PT PINDAD, PTDI, dan PT PAL Indonesia, dimana DEFEND ID diamanahkan oleh Presiden untuk menjadi lokomotif dalam mewujudkan kemandirian Alutsista nasional,” ujar Benny.

Sementara itu, perwakilan Mabes Polri Kombes Polisi Dr. Kasmen, ME mengucapkan terima kasih atas penerimaan DAHANA. Karena pada angkatan KJL kali ini, PT DAHANA sangat mendukung kegiatan, seperti kedatangan Direktur Utama DAHANA, Wildan Widarman dalam pembukaan pelatihan, mengirim pemateri yang menjelaskan bahan peledak secara teoritik, dan kini memfasilitasi pelatihan lapangan di Kawasan Energetic Mateial Center (EMC).

“Kita bangga punya perusahaan yang bergerak di bidang bahan berenergi tinggi. DAHANA merupakan salah satu BUMN yang akan menjadi andalan bangsa Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pertahanan Indonesia, dan hari ini kami diberi kesempatan untuk berkunjung kembali dalam rangka kegiatan lapangan yaitu pelatihan,” terang Kasmen.

Peserta yang berjumlah 124 orang dan terdiri dari 56 Juru Ledak dan 68 Pengelola Bahan Peledak Komersial tersebut, mendapat kesempatan untuk mengunjungi Kawasan EMC yang memiliki fasilitas bahan peledak yang terintegrasi. Peserta juga melaksanakan uji peledakan menggunakan bahan peledak DAHANA di area bunker pengujian.

PT DAHANA merupakan perusahaan bahan peledak yang menggunakan dual-use technology, untuk memenuhi bahan peledak komersial dan militer. Dengan pengalaman 56 tahun, DAHANA berhasil mendapatkan kepercayaan dari konsumen baik di dalam dan luar negeri. Untuk memaksimalkan potensinya, DAHANA hingga saat ini masih bergerak berdasarkan prinsip-prinsip inovasi dan kolaborasi.