Dalam rangka internalisasi nilai-nilai AKHLAK di kalangan insan DAHANA, DKM Al-Akhdar menyelanggarakan pengajian rutin bersama Ustadz Syahroni Mardani, Lc. Membawa tema “Crab Mentality”, pengajian digelar melalui aplikasi zoom meeting, pada Jum’at, 25 Februari 2022.

 

Dalam pemaparannya, Syahroni menyampaikan, jika sekumpulan kepiting diletakkan dalam satu wadah, dan salah satu kepiting ingin keluar, mulai merambat rambat ke atas. Maka kepiting lainnya akan menarik kepiting tersebut. Dalam istilah psikologi disebut sebagai Crab Mentality atau mentalitas kepiting, crab mentality adalah analogi dari prilaku egois dan iri terhadap kesuksesan orang lain.

 

“Dalam islam sikap ini mungkin kita sebut hasad, iri, dengki, susah melihat orang lain senang, senang melihat orang lain susah, seperti yang diabadikan dalam Qur’an Surat Ali Imron Ayat 120, Jika Engkau memperoleh kebaikan, kemenangan, kesuksesan, kebahagiaan, niscaya mereka bersedih hati, tetapi jika kamu mendapatkan bencana, kegagalan, kerugian, mereka bergembira karenanya,” ujar Syahroni.

 

Syahroni juga menekankan pentingnya menjaga persaingan yang sehat, persaingan yang memacu setiap orang berkompetisi untuk menjadi yang terbaik, bukan persaingan yang tidak sehat, atau persaingan yang dilandasi perasaan iri dan dengki, persaingan yang dinodai dengan pujian terhadap diri sendiri dan merendahkan orang lain.

 

Ketua DKM Al Akhdar, Anwar Sanusi menyampaikan, kegiatan pengajian bulanan merupakan amanah dari Perjanjian Kerja Bersama (PKB) bahwa perusahaan melakukan pembinaan rohani karyawan. Anwar juga berharap, dengan penyelenggaraan pengajian bulanan ini dapat memenuhi kebutuhan spiritual insan DAHANA.

 

“Selain itu, pengajian bulanan ini juga dapat meningkatkan pemahaman agama dan menambah wawasan karyawan, serta meningkatkan kesadaran karyawan tentang kehidupan beragama dalam aspek pengetahuan dan juga aspek sikap. Hal ini sejalan pula dengan budaya AKHLAK yang dicanangkan Kementerian BUMN kepada seluruh perusahaan plat merah,” ujar Anwar.

 

Menurutnya, kegiatan pengajian rutin ini sangat baik dan perlu dilaksanakan secara konsisten, bahkan ia berharap, durasi pengajian bisa ditingkatkan menjadi dua pekan sekali. Selain itu, Anwar juga berharap agar kegiatan pengajian bulanan ini juga turut berdampak pada peningkatan kinerja perusahaan, sebagaimana motto DAHANA “Serving the Nation Better”, dimana setiap karyawan memiliki kewajiban untuk memberikan yang terbaik untuk bangsa.