SUBANG – Salah satu sektor usaha PT DAHANA adalah peledakan di sektor kuari yang terdiri dari tambang semen dan batuan.  Di antara pengguna bahan peledak di sektor ini adalah PT Semen Tonasa.  Dalam rangka melakukan supervisi pengiriman bahan peledak, Tim PT Semen Tonasa mengunjungi Kantor Manajemen Pusat (Kampus) DAHANA pada Jumat, 30 September 2022.

Tim Semen Tonasa ini diterima oleh Senior Manajer Pemasaran dan Operasional Divisi Kuari & Konstruksi DAHANA, Ryan Noverie Pasoreh.  Ryan menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan dan kerja sama yang selama ini terjalin di antara dua perusahaan. Ia juga menjelaskan hubungan antara DAHANA dan Semen Tonasa yang sudah berlangsung lama, serta menegaskan DAHANA siap memberikan layanan terbaiknya.

“Terima kasih atas kunjungan Tim PT Semen Tonasa.  Sebagai perusahaan Kiblat Bahan Peledak Indonesia, DAHANA tentu ingin selalu memberikan yang terbaik kepada konsumennya, dan semoga dengan kunjungan ini dapat mempererat kerja sama yang telah terjalin, dan membawa keuntungan bagi kedua pihak,” ujar Ryan.

Meski sempat absen selama dua tahun di Semen Tonasa, pada 2017 DAHANA kembali mencatatkan kinerja terbaiknya di Semen Tonasa dan berlanjut hingga hari ini. Untuk memberikan pelayanan terbaiknya, DAHANA menggunakan teknologi canggih yang diklaim dapat memberikan hasil peledakan yang baik, serta mampu menekan ongkos produksi.

Di antara teknologi tersebut adalah teknologi On Site Plant (OSP) atau pabrik bahan peledak yang dibangun di site project Semen Tonasa. Keberadaan pabrik bahan peledak di lokasi project tentu memiliki nilai lebih bagi konsumen. Dengan OSP, konsumen tak perlu khawatir tentang keterlambatan pengiriman atau rusaknya bahan peledak karena distribusi melalui perjalanan yang panjang dengan medan yang berat.

Dengan kapasitas produksi hingga 200 ton per bulan atau per-shiftnya, OSP DAHANA siap memenuhi kebutuhan peledakan Semen Tonasa. Selain OSP, DAHANA juga menyediakan fasilitas Mobile Manufacturing Truck (MMT) yang telah teruji di berbagai medan yang tersebar se Indonesia. MMT DAHANA memiliki kelebihan dapat memproduksi bahan peledak sekaligus mengisi lubang tembak secara langsung.

Produk lainnya yang tak kalah penting adalah bahan peledak bernama Dawagel. Inovasi bahan peledak teranyar DAHANA itu memiliki kemampuan peledakan yang sangat baik, yang dirancang khusus untuk meledakkan struktur batuan kompleks.  Secara teknis, density Dawagel berada di bawah ANFO dengan VOD di atasnya.