SUBANG – Kepala Pusat Riset Center for Integrated Research and Innovation (CIRNOV) Universitas Ahmad Dahlan, Hariyadi beserta rombongan mengunjungi PT DAHANA. Direktur Utama Wildan Widarman secara langsung menyambut kedatangan CIRNOV UAD di Smartroom Kampus DAHANA Subang, Kamis, 5 Januari 2023.

Dalam sambutannya, Wildan menyampaikan bahwa pola kolaborasi saat ini sangat penting untuk mendukung kemandirian industri pertahanan.

“Oleh sebab itu, kami sebagai bagian dari DEFEND ID yang berfokus pada energetic materials dan aplikasinya sangat mendukung dan terbuka pada program kerjasama riset dan pengembangan rudal serta roket bersama CIRNOV Universitas Ahmad Dahlan,” ungkap Wildan.

Bagi DAHANA, CIRNOV UAD bukanlah nama baru, perusahaan bahan peledak tersebut sering melakukan kolaborasi dengan CIRNOV di bidang penelitian teknologi Alpalhankam, beberapa hasil kolaborasi riset juga telah mencapai tahap uji coba, seperti uji coba Rudal Kodok dan Rudal Merapi keduanya merupakan jenis Rudal Panggul.

Sementara itu, menurut Hariyadi, CIRNOV UAD dan DAHANA terhitung merupakan salah satu pelopor teknologi rudal di Indonesia yang mulai dirintis sejak tahun 2012. Rudal Panggul ini merupakan misil dengan kemampuan peluru kendali yang dapat menargetkan musuh secara presisi. Dengan berbagai kemampuannya, rudal panggul dapat membuat peperangan berjalan lebih efektif.

Keberadaan rudal panggul bagi Indonesia sangat penting jika menengok perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina, ribuan rudal panggul telah ditembakkan oleh masing-masing Negara untuk membela kepentingan Negaranya. Oleh sebab itu, Hariyadi juga menegaskan pentingnya kerjasama antar elemen anak bangsa untuk mewujudkan kemandirian Alpalkankam seperti teknologi rudal panggul.

Informasi:
Juli Jajuli
Senior Manajer Legal & Komunikasi Perusahaan
PT DAHANA
Email : julijajuli@dahana.id
Mobile: 082111546999