News Image

Peresmian Holding DEFEND ID oleh Presiden Joko Widodo berlangsung dengan sukses.  Acara yang dihelat pada 20 April 2022 di Hanggar Kapal Selam milik PT PAL Indonesia ini diawali dengan penjelasan panel oleh Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury, penjelasan produk-produk unggulan BUMN Industri Pertahanan oleh masing-masing direktur utama, hingga ke prosesi peresmian berlangsung lancar.

 

Hal ini disambut sumringah oleh Ketua Pelaksana Peluncuran Holding DEFEND ID Suhendra Yusuf RPN yang juga Direktur Teknologi & Pengembangan PT DAHANA. Menurutnya, dalam perjalanannya, persiapan launching penuh dengan dinamika.

 

“Alhamdulillah, acara dapat berjalan dengan lancar bersama Presiden.  Ini semua patut disyukuri karena dalam persiapannya banyak dinamika,” terang Suhendra Yusuf.

 

Melalui keputusan Komite Eksekutif DEFEND ID, Suhendra Yusuf RPN didaulat sebagai ketua pelaksana yang didampingi oleh Wahyu Sofiadi, Direktur Bisnis dan Kerjasama PT Len Industri (Persero) sebagai wakilnya.  Kepanitiaan diisi oleh perwakilan dari masing-masing anggota BUMN Industri Pertahanan.

 

“Kami berterima kasih atas dukungan semua pihak.  Kementerian BUMN, Komite Eksekutif dan para direksi serta seluruh panitia yang telah bahu membahu melaksanakan acara peluncuran Holding DEFEND ID ini.  Kekompakan selama bertugas di kepanitiaan ini dapat menjadi modal berharga dalam bekerjasama memajukan Holding DEFEND ID,” ungkap Suhendra.

 

Pada awalnya, yang ditunjuk sebagai tuan rumah peluncuran Holding DEFEND ID ini adalah PT DAHANA yang berlokasi di Subang Jawa Barat.  Kemudian, dengan dinamika yang ada, calon tuan rumah sempat diusulkan PT Dirgantara Indonesia di Bandung.  Akhirnya urung juga dan kembali ke DAHANA.  Menjelang pelaksanaan, Kementerian BUMN RI menunjuk PT PAL Indonesia sebagai tuan rumah.

 

Namun, semangat panitia yang dinahkodai Suhendra Yusuf RPN ini tetap terus bergelora dan tidak terpengaruh dimana lokasi peluncuran yang berubah penuh dinamika.

 

“Saya atas nama panitia bersyukur dan terharu atas suksesnya acara launching (peluncuran) Holding Industri Pertahanan, Defend ID.  Ini merupakan momentum penting, bersejarah dan mungkin tidak berulang,” pungkasnya.