Pekan CSR DAHANA 2018
Subang, 15 Oktober 2018. Acara tahunan Pekan CSR DAHANA 2018 resmi dibuka pada Senin, 15 Oktober 2018. Puncak kegiatan program CSR tahun 2018 perusahaan penghasil bahan peledak ini diisi dengan berbagai acara dan berlangsung pada 15 – 19 Oktober 2018 di Bale Dahana, Subang.

“Ini merupakan puncak kegiatan CSR Dahana di tahun 2018. Kami isi dengan berbagai program yang menyasar banyak segmentasi pemangku kepentingan,” ungkap Y. Agus Setiawan, Ketua Panitia Pekan CSR DAHANA 2018 yang juga menjabat Senior Manajer Legal & Komunikasi Perusahaan PT DAHANA (Persero).

Pekan CSR DAHANA, merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan DAHANA dalam rangka memperingati hari ulang tahun DAHANA, dan tahun ini adalah HUT DAHANA yang ke-52. Sebagaimana nama kegiatannya, DAHANA telah mengagendakan berbagai macam kegiatan sosial yang melibatkan masyarakat mulai dari bidang kesehatan, pendidikan, dan perbaikan sarana prasarana. Selama kegiatan ini berlangsung, ditempat yang sama juga digelar berbagai macam bazaar, seperti Bazar pendidikan, Bazar Produk Mitra Binaan, dan pamaeran lainnya.

Hari pertama kegiatan, acara secara simbolis resmi dibuka. Diagendakan hadir pada kesempatan ini Plt. Bupati Subang, Ating Rusnatim. Beberapa bantuan sosial pun diserahkan langsung kepada penerima manfaat, seperti Bantuan Pendidikan Sekolah, Sarana Ibadah, Peningkatan Kesehatan, Sarana Prasarana Publik, Bantuan Sosial Kemasyarakatan, serta bantuan Pelestarian Alam.

Mengawali kegiatan Pekan CSR, juga digelar kegiatan sosial penyuluhan kesehatan masyarakat. Kaum hawa, khususnya ibu-ibu yang berada disekitar kawasan perusahaan diundang hadir untuk mendapatkan penerangan atau penyuluhan kesehatan tentang Kanker Payudara dan Servik, sebagai upaya menginformasikan pencegahan kanker sejak dini.

Hari kedua kegiatan Pekan CSR, diisi dengan kegiatan sosial seperti donor darah, pengobatan gratis untuk 1.000 orang, vaksinasi flubio, dan sunatan massal. Ada 100 anak yang akan disunat secara massal. Dihari yang sama diselenggarakan juga kegiatan pendidikan yakni lomba-lomba kegiatan keagamaan yang diikuti oleh siswa-siswi Sekolah Dasar (SD).

Pada kegiatan lomba pendidikan agama ini, DAHANA menggaet Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI Kecamatan Cibogo untuk melaksanakan berbagai lomba seperti, Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ), Musabaqoh Hifdzil Quran (MHQ), Cerdas Cermat PAI, Lomba Praktek Solat, Adzan dan Lomba Pidato.

Pada hari ketiga, kegiatan diisi dengan lomba mewarnai untuk anak-anak usia dini yang berada di Kecamatan Cibogo. Aksi mendongeng pun ikut menyemarakan kegiatan ini. Ditempat yang sama digelar pula lomba kegiatan agama untuk pelajar tingkat SMP dan SMA se-Kabupaten Subang.

Tidak ketinggalan, di hari yang sama, ibu-ibu majelis taklim se-Kecamatan Cibogo turut hadir meramaikan kegiatan pekan CSR dengan mengikuti lomba seni Islami, Kasidah.

Hari Kamis (18/10) kegiatan Pekan CSR digelar lomba fashion Show Busana Muslimah mulai tingkat TK, SD, SMP, SMA dan Umum, masing-masing kategori ada sekitar 25 orang yang turut serta dalam perlombaan ini. Tidak seperti hari-hari sebelumnya, kegiatan hari keempat ini digelar sampai dengan malam hari, dilanjutkan dengan Acara Malam Apresiasi Pekan CSR DAHANA 2018, dimana para pemenang perlombaan pada kegiatan pekan CSR diumumkan dan mendapatkan penghargaan.

Seratus anak yatim sekitar perusahaan turut dihadirkan untuk ikut serta merasakan kebahagiaan, mereka pun mendapatkan santunan dari DAHANA.

Malam Apresiasi Pekan CSR menjadi lebih semarak dan meriah, hadir pada kesempatan ini Group Musik Pop Nash Indonesia yang akan menghibur undangan dan masyarakat Subang. Nash Indonesia merupakan group musik pop religi yang biasa tampil pada acara setiap pagi di stasiun TransTv pada program acara Islam Itu Indah.

Hari terakhir Pekan CSR, ditutup dengan kegiatan bersedekah Tebar 1000 paket makan siang selepas Jumatan untuk masjid-masjid yang berada di Kecamatan Cibogo. Program ini merupakan inisiasi karyawan-karyawati DAHANA yang setiap Jumat tergerak hatinya memberikan dan mengumpulkan sedekahnya untuk berbagi mencari pahala di hari penuh berkah, hari jumat.

Pekan CSR DAHANA Tahun ini merupakan tahun kedua, setelah sukses digelar pertama pada tahun kemarin. Asmorohadi, Direktur Keuangan & SDM menuturkan Corporate Social Responbility (CSR) merupakan sebuah amanat undang-undang yang harus diaplikasikan oleh setiap perusahaan.

“Ini merupakan kegiatan CSR yang sangat wajib diaplikasikan oleh DAHANA, dan selama ini kami senantiasa untuk mengoptimalkan CSR ini tepat sasaran, khususnya di wilayah Kecamatan Cibogo,” terang Asmorohadi

“Kegiatan ini hanya sebagian langkah kecil DAHANA untuk berbagi dengan warga masyarakat sekitar, sepekan dalam rangka memperingati ulang tahun DAHANA, tapi seutuhnya program-program CSR DAHANA diaplikasikan sepanjang tahun, melalui berbagai macam program dan tidak hanya di Subang saja,” pungkasnya.

Rangkaian kegiatan Pekan CSR DAHANA 2018

Senin, 15 Oktober 2018
Pembukaan Pekan CSR Dahana 2018
Penyuluhan Kanker Payudara dan Servik

Selasa, 16 Oktober 2018
Pengobatan Gratis (peserta terdaftar)
Vaksinasi Flubio
Donor Darah
Khitanan Massal
Perlombaan PHBI antar SD

Rabu, 17 Oktober 2018
Lomba Mewarnai
Mendongeng
Lomba Kasidah Antar Majelis Talim
Perlombaan PHBI antar SLTP dan SLTA

Kamis, 18 Oktober 2018
Lomba Busana Muslimah
Malam Apresiasi Pekan CSR Dahana 2018

Jumat, 19 Oktober 2018
Gerakan Jumat Berkah (GJB) 1.000 paket lunch box gratis

Taman Cahaya DAHANA

Sebelum Pekan CSR DAHANA digelar, sepekan sebelumnya digelar juga hiburan untuk warga masyarakat Subang. Halaman gedung Bale DAHANA pun disulap, jika siang hanya nampak hijau pepohonan dan rerumputan, bila malam tiba, dipenuhi cahaya, jadilah bale DAHANA menjadi Taman Cahaya.

Taman Cahaya DAHANA sudah sejak tanggal 8 Oktober digelar. Disini warga masyarakat Subang bisa menikmati keindahan dan keunikan lampu-lampu yang terpasang di taman Dahana, mereka bisa mengabadikannya berswafoto.

Selain menikmati malam yang berbeda di ujung timur Subang, di Taman Cahaya DAHANA pun bisa menikmati alunan live music, sambil nongkrong-nongkrong duduk santai di area Food Truck yang menyediakan berbagai macam jajanan makanan dan minuman.

Asep Maskandar, Sekretaris Perusahaan DAHANA yang menerangkan, Taman Cahaya DAHANA dibuat adalah untuk memberikan suasana berbeda jika malam tiba, “Biasanya bila malam tiba, disini tuch terlihat sepi, tapi special ulang tahun DAHANA, kita ingin jika malam tiba DAHANA masih ramai, warga subang, bisa datang kesini juga,” ungkap Asep, yang juga sebagai Panitia HUT ke-52 DAHANA.

Taman Cahaya DAHANA, saat ini tengah viral di media Sosial dan kini setiap malamnya selalu ramai dikunjungi warga masyarakat Subang. Event Taman Cahaya DAHANA mulai buka pada jam sore hari sampai dengan jam 22.00 Wib, Taman Cahaya akan berakhir ditutup pada 22 Oktober 2018. (dhn)