Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petugas pengelola bahan peledak di lingkungan kegiatan Usaha Minyak dan Gas Bumi yang dikemas dalam Bimbingan Teknik Keselamatan Pengelolaan Bahan Peledak Migas, Koperasi Prima Daya Migas (KPDM) melakukan kunjungan lapangan ke Kampus DAHANA, Subang, Kamis, 25 Agustus 2022.

Dalam sambutannya, Senior Manager Legal & Komunikasi Perusahaan DAHANA, Juli Jajuli menyampaikan rasa terima kasih perusahaan atas kepercayaan yang diberikan oleh KPDM sebagai tempat untuk mempelajari pengelolaan bahan peledak. Selain itu, Juli juga menjelaskan tentang kondisi terbaru DAHANA, dari proses perpindahan dari Tasikmalaya, hingga tergabungnya DAHANA ke holding BUMN industri pertahanan, DEFEND ID.

“Saya mewakili manajemen mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya kepada PT DAHANA, sehingga DAHANA selalu menjadi pilihan tempat pelatihan praktisi bahan peledak. Sesuai namanya, Kampus DAHANA, Kantor Manajemen Pusat, kata kampus ini memang memiliki filosofi tempat pembelajaran. Selain praktisi, yang langganan kesini adalah siswa kursus juru ledak, mahasiswa pertambangan dan lain-lain, jadi tidak salah kalau kita sebut Kampus DAHANA,” ujar Juli.

Juli juga menuturkan, DAHANA saat ini, secara masif sedang mengembangkan usahanya, seperti pembangunan Pabrik Amonium Nitrat di Bontang. Keberadaan Pabrik AN secara mandiri dipandang sangat penting, terutama pada keadaan yang terjadi saat ini, dimana perusahaan bahan peledak Indonesia mengalami kesulitan untuk mengimpor bahan peledak akibat perang Ukraina-Rusia.

Ketua Rombongan KPDM, Abdul Rojak menyampaikan, pihaknya berterima kasih atas sambutan hangat yang diberikan DAHANA. Pada tahun ini, KPDM telah melakukan dua kali kunjungan lapangan ke DAHANA. Pada pertemuan kali ini, ia berharap, para peserta Bimtek mendapatkan pengetahuan dan keterampilan pengelolaan bahan peledak.

“Ini merupakan kali kedua KPDM mengunjungi DAHANA, sebelumnya pada bulan, teman-teman peserta nanti akan melihat pabrik bahan peledak dan demo peledakan, kami berharap teman-teman memperhatikan dan mengikuti arahan dari tim DAHANA. Sekali lagi, terima kasih atas penerimaan DAHANA,” ujar Abdul.

Sebagaimana diketahui, PT DAHANA memiliki lini bisnis drilling and blasting, explosives manufacturing, related services dan defence related.  DAHANA melayani jasa peledakan di sektor pertembangan umum, kuari dan konstruksi, minyak dan gas serta bahan peledak pertahanan.  Dengan dukungan Pusat Bahan Berenergi Tinggi di lahan seluas lebih dari 500 hektar di Subang Jawa Barat, DAHANA menawarkan produk dan layanan peledakan terpadu dengan SDM yang berpengalaman.