Unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) DAHANA berkolaborasi dengan NLR International, Jabar Bergerak, dan UPTD Puskesmas Kecamatan Cibogo menggelar kunjungan ke Desa Padaasih dan Desa Sadawarna dalam rangka kampanye pemberantasan kusta, dan menghilangkan stigma kepada penyintas. Kegiatan berlangsung pada hari Jum’at, 27 Mei 2022.

 

Pada tahun 2021, menurut Camat Cibogo, Sri Novita, ditemukan 29 kasus kusta. Hal ini membutuhkan kerjasama dan kolaborasi dari berbagai pihak untuk mewujudkan Subang Zero Kusta. Penyandang kusta kerap kali mendapatkan stigma dari masyarakat sehingga mempersulit proses penyembuhan, dan CIbogo dengan kampanye yang rutin berhasil melakukan pemulihan kepada penyintas.

 

“Di Desa Padaasih terdapat sembilan orang penyandang, dan lima sudah menuntaskan tahap penyembuhan, sehingga tidak berpotensi menularkan kusta kepada masyarakat lain, empat orang sisanya insya Allah akan segera pulih,” ujar Novita.

 

Hal tersebut disambut baik oleh, Direktur NLR International, Linda Hummel yang menyampaikan dalam sambutannya, pemberantasan kusta sudah menjadi perhatian internasional, iajuga  mengapresiasi program kolaborasi seluruh entitas di Kabupaten Subang yang telah bekerjasama untuk mewujudkan dunia tanpa kusta.

 

“Selamat kepada warga kecamatan Cibogo yang telah berhasil memerangi kusta, pengalaman ini akan saya ceritakan kepada warga dunia, bahwa memerangi kusta adalah hal yang mungkin dan dapat kita menangkan. Seperti yang telah berhasil dimenangi oleh warga Desa Padaasih, dan Sadawarna ini,” ungkap Linda.

 

PT DAHANA, merupakan entitas bisnis yang bergerak di industri bahan peledak, yang dipercaya sebagai ketua Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Subang, berkali-kali menyelenggakan kegiatan kampanye pemberantasan kusta, sekaligus menghapuskan stigma penyintas. Selain kampanye, dan memberikan bantuan pengobatan, DAHANA juga turut memulihkan penyintas dengan memberikan bantuan permodalan usaha.

 

“Perusahaan berkomitmen untuk mewujudkan Subang Zero Kusta, semua hal akan dilakukan agar warga penyintas dapat segera pulih, dan kembali beraktivitas seperti sedia kala. Kami berbahagia, atas kolaborasi yang terjalin selama ini, dapat memberikan kesembuhan bagi beberapa penyintas, dan mudah-mudahan seluruh penyandang dapat segera pulih,” ujar Ketua TJSL DAHANA, Eman Suherman.