Dalam upaya memperkuat Industri Pertahanan Nasional, PT DAHANA menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Hariff Daya Tunggal Engineering tentang Kerjasama Industri Pertahanan. Penandatanganan MoU dilakukan pada hari Selasa, 28 Juni 2022, di Kantor Manajemen Pusat DAHANA, Subang, Jawa Barat.
Direktur Teknologi dan Pengembangan DAHANA, Suhendra Yusuf RPN menyampaikan dalam sambutannya, PT DAHANA dan PT Hariff telah menjalin kerjasama sejak tahun 2021, kedua perusahaan telah melakukan uji coba hasil Litbang Senjata Lawan Tank secara bersama.
Kolaborasi, merupakan salah satu poin yang terkandung dalam core values BUMN yaitu AKHLAK, DAHANA berkomitmen untuk menerapkan cores values tersebut dalam praktik-praktik perusahaan. Hal ini juga dipandang perlu untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas perusahaan dalam melakukan penelitian dan pengembangan produk bahan peledak.
“SLT kita harapkan secepat mungkin akan kita sertifikasi, dan kita juga ke depan akan mengembangkan wireless detonator untuk C4, ini merupakan wujud kolaborasi antara BUMN dengan BUMS, yang mana ini merupakan salah satu unsur dari core values AKHLAK dimana salah satunya adalah Kolaboratif, saya harap di masa-masa sekarang dan masa yang akan datang, kedua belah pihak bisa saling mendukung,” ujar Suhendra.
MoU Kerjasama Industri Pertahanan tersebut melingkupi penelitian dan pengembangan di bidang teknologi bahan peledak dan pemanfaatannya, penelitian dan pengembangan propelan, pertukaran dan pemanfaatan data dan informasi, pemanfaatan sarana dan prasarana, peningkatan kerjasama sumber daya manusia, serta publikasi hasil kerjasama.
Sementara itu, Direktur PT Hariff Daya Tunggal, T.M Adham Johan menuturkan, uji coba SLT yang dilaksanakan pada tahun lalu mencapai keberhasilan. Pihaknya juga mengapresiasi kerjasama dengan DAHANA, meski berada dalam rentang setahun, kolaborasi bersama DAHANA sudah menunjukkan keberhasilannya dan diharapkan pada tahun ini dapat dicapai konsisten produk dari hasil penelitian dan pengembangan.
“Kami sangat senang bekerjasama dengan DAHANA, kami memang dari pihak swasta butuh bermitra dengan BUMN, karena BUMN sebenarnya mewakili negara, terutama di bisnis-bisnis bahan berbahaya seperti bahan peledak, semoga kerjasama kita dapat berlanjut terus, baik di SLT maupun detonator dan bahan peledak lainnya,” ungkap Adham.