News Image

Sebagai perusahaan yang bergerak di industri bahan berenergi tinggi dan masuk ke dalam Holding BUMN Industri Pertahanan, PT DAHANA (Persero) menghadiri Rapat Koordinasi Penentu Kebijakan, Pengguna dan Produsen Bidang Alpalhankam Tahun Anggaran 2022. Rakor yang diselenggarakan oleh Dirjen Potensi Pertahanan Kemhan ini dilaksanakan di Birawa Hall, Menara Bidakara 2, Jakarta, Rabu, 12 Januari 2022. 

 

Direktur Utama PT DAHANA (Persero) Wildan Widarman menyampaikan, pihaknya sangat mendukung kegiatan Rakor stakeholder Alpalhankam ini, karena rapat ini merupakan wadah bagi seluruh industri pertahanan dalam negeri untuk saling bertemu.  Pertemuan ini juga sekaligus untuk mendapatkan arahan dari stakeholder, agar produksi Alpalhankam dapat berlangsung secara efisien dan tepat guna, sesuai dengan kebutuhan user.

 

“Tentunya rakor ini sangat baik bagi kami, sebagai insan industri pertahanan untuk berbicara satu sama lain, baik di BUMN maupun di BUMS khususnya industri pertahanan. Harapannya semoga kolaborasi, sinergi antara industri pertahanan ini bisa terjalin lebih baik, untuk mewujudkan industri pertahanan kuat, mandiri, dan berdaya saing tinggi,” ujar Wildan.

 

Sesuai arahan dari Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra yang menyampaikan dalam sambutannya, agar unsur-unsur di dalam industri pertahanan Nasional dapat saling mendukung satu sama lain. Menurutnya, keterkaitan antar lembaga stakeholder harus kuat, karena merupakan prasyarat untuk menciptakan ekosistem industri pertahanan yang sehat dan kuat.

 

“Hal terpenting dalam ekosistem industri pertahanan adalah tata kelola manajemen perusahaan yang baik dan benar. Sederhana, transparan, dan akuntabel merupakan prinsip-prinsip yang harus dijalankan oleh setiap pemangku kepentingan,” ujarnya.

 

Selain sebagai peserta, DAHANA juga turut memamerkan produk-produk industri pertahanannya pada rakor tersebut. Beberapa mock up yang dibawa antara lain, Roket Rhan-122, Bom P-100L, Kendaraan Peluncur Roket, serta beberapa produk dummy bahan peledak yang terpajang dalam showcase.

 

PT DAHANA (Persero) merupakan perusahaan plat merah yang bergerak di industri bahan peledak, selain untuk memenuhi layanan dan produk bahan peledak, DAHANA juga turut mendukung kemandirian Alpalhankam Republik Indonesia dengan menyediakan bahan peledak bagi seluruh matra pertahanan Nasional.

 

HIngga saat ini, EMC DAHANA telah berhasil memproduksi Alutsista seperti, Bom P Series, Roket Rhan 122B, Rhan 450, Kendaraan Peluncur Roket, Roket Smokeless Propellant, Senjata Lawan Tank (SLT), dan Rudal Merapi. Selain itu, saat ini DAHANA sedang membangun pabrik propelan, selain sebagai upaya mewujudkan kemandirian Alutsista, juga sekaligus sebagai pengembangan usaha yang diharapkan dapat meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sekaligus perekonomian Nasional.