News Image

Dahana melaksanakan audit lingkungan dengan auditor yang direkomendasikan oleh pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yaitu PT Sekar Delima bersama Direktorat Pencegahan Dampak Lingkungan Usaha dan Kegiatan KLHK dalam bentuk kegiatan pemaparan hasil audit ke pihak KLHK pada 4 Januari 2022.   Audit lingkungan ini untuk memastikan bahwa kegiatan usaha DAHANA berjalan sesuai dengan pembangunan berkelanjutan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

DAHANA yang bergerak di industri bahan peledak memiliki kegiatan dengan risiko tinggi terhadap lingkungan hidup, memiliki kewajiban untuk melakukan Audit Lingkungan Hidup secara berkala kepada KLHK.  Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri LHK Nomor 3 Tahun 2013 tentang Audit Lingkungan Hidup.

 

Menurut Erwin Cipta Mulyana, SM K3LH & Teknologi DAHANA, sebagai wujud dukungan perusahaan, DAHANA mematuhi peraturan dengan Audit Lingkungan Hidup sejak tahun 2016, dan secara berkala terus melaporkan hasilnya kepada KLHK hingga tahun 2022.  Audit Lingkungan Hidup Wajib Berkala DAHANA dilaksanakan sesuai dengan persetujuan Rencana Audit yang diarahkan oleh Direktorat Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan KLHK Nomor S-432/PKTL/PDLUK/PLA.4/6/2021 Tanggal 7 Juni 2021.

 

“Berdasarkan hasil audit, dinyatakan bahwa DAHANA sudah mengelola risiko tinggi lingkungan dengan catatan rekomendasi secara continual improvement.  Dahana juga menjadi role model untuk audit lingkungan di perusahaan yang lain karena termasuk salah satu pionir untuk kegiatan ini dan melaksanakan dengan konsisten,” ujar Erwin.

 

Sebagai perusahaan yang menjadi kiblat bahan peledak Indonesia, DAHANA juga telah melakukan berbagai inovasi untuk mendukung industri hijau, seperti membangun gedung perkantoran yang mendapatkan sertifikat Green Building Pertama di Indonesia.

 

Meski bergerak di Industri bahan peledak, produk layanan DAHANA juga menyesuaikan diri agar risiko terhadap lingkungan hidup dapat diminimalisir seperti dengan membangun kapasitas dan teknologi perusahaan dalam pengukuran ground vibration pada setiap operasi peledakan yang akan dilaksanakan.

 

Selain itu, para  engineer di Energetic Material Center (EMC) DAHANA bekerja keras menjalankan visi perusahaan untuk menghasilkan produk dan jasa yang berdaya saing tinggi dan ramah lingkungan. Hal ini pun pernah dibuktikan dengan penganugerahaan DAHANA sebagai Perusahaan dengan Inovasi Terbaik Produk Ramah Lingkungan pada ajang BUMN Inovation Awards 2013.