PT DAHANA menggelar apel untuk memperingati Bulan K3 (Kesehatan, dan Keselamatan Kerja), kegiatan ini merupakan awal dari seluruh rangkaian peringatan bulan K3 di perusahaan bahan peledak tersebut. Direktur Utama DAHANA, Wildan Widarman memimpin langsung apel yang digelar di Bale DAHANA, Subang, Jum’at, 13 Januari 2023.

Dalam sambutannya Wildan menyampaikan, PT DAHANA sebagai industri yang bergerak di bidang bahan peledak dengan risiko pekerjaan tinggi (extreme risk) sangat menyadari pentingnya budaya K3. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan kesadaran budaya K3, DAHANA menyelenggarakan peringatan bulan K3 yang meilbatkan berbagai pihak.

“Peringatan bulan K3 ini diselenggarakan secara konsisten setiap tahun dari tanggal 12 Januari–12 Februari dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran pekerja serta dapat menekan angka kecelakaan di perusahaan,” ungkap Wildan.

Wildan juga menambahkan, bahwa organisasi atau perusahaan berkewajiban untuk memberikan perlindungan kepada tenaga kerja, hal ini tertuang dalam Undang-undang Ketenagakerjaan nomor 1 tahun 1970. Sehingga dengan berlandaskan hal tersebut pengurus organisasi atau perusahaan mempunyai tuntutan bahkan tanggung jawab K3 bagi para pekerjanya.

Acara pun berlangsung khidmat, sejak pukul 07.30 pagi, para karyawan DAHANA dari berbagai unit, datang dan berkumpul untuk mengikuti apel, mendengarkan arahan Dirut tentang betapa pentingnya membentuk budaya yang berkarakter K3. Acara Apel juga disertai dengan membunyikan sirine sebagai tanda peresmian pembukaan bulan K3.

Sementara itu, Ketua Panitia Peringatan Bulan K3 Tahun 2023, Danny Armeidian menuturkan, pihaknya telah menyediakan berbagai kegiatan seperti Apel pembukaan bulan K3, senam pekerja sehat, K3 Run, Lomba Investigasi Kecelakaan, Lomba Rescue & Fire Fighting, Lomba cerdas cermat K3, Lomba basket 3 on 3, Lomba poster K3, Lomba fotografi K3, Talkshow, Penghargaan Safety Performance terbaik, Pemilihan Site terbaik, Kepatuhan penggunaan APD, Launching RFID Access, dan Pameran

“Harapan saya atas peringatan bulan K3 kali ini adalah agar kita semua dapat lebih aware lagi terhadap K3, serta peringatan bulan K3 ini juga dapat menjadi momentum bagi kita semua khususnya dalam pencapaian target kinerja K3 di tahun ini yaitu dalam menekan angka kecelakaan & Lost Time Injury,” ungkap Asisten Manajer K3LH tersebut.