PT DAHANA bersama dengan PT Solusi Bangun Andalas berkolaborasi menggelar sharing knowledge proses peledakan batu gamping & clay untuk para Inpektur dan Calon Inspektur Tambang Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral penempatan Provinsi Aceh. Kegiatan ini digelar di Quarry PT SBA Plant Lhoknga, Aceh, pada Senin, 15 Agustus 2022.

Direktur Operasi DAHANA, Bambang Agung menuturkan, kegiatan ini merupakan bentuk dukungan DAHANA dan SBA untuk meningkatkan kompetensi seluruh Inspektur dan calon Inspektur Tambang di lingkungan Direktorat Jenderal Minerba dan Batu Bara Provinsi Aceh.

“Kegiatan ini berisi pembekalan secara teknis perihal proses peledakan di area tambang, semoga kegiatan ini dapat memberikan dampak positif kepada para peserta dan membantu dalam menjalankan tugasnya sebagai Inpektur Tambang,” ungkapnya.

Pada pembukaan acara tersebut, turut hadir secara daring Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara Kementerian ESDM RI, Sunindyo Suryo Herdadi, perwakilan PT SBA, dan PT MAK selaku kontraktor tambang, dan pejabat DAHANA lainnya.

Kegiatan sharing knowledge yang diikuti oleh 30 peserta Inspektur Tambang dan perwakilan dari Dinas ESDM Provinsi Aceh ini dilaksanakan melalui metode diskusi. Para peserta juga diajak melihat langsung dan mempelajari proses peledakan batu gamping & clay dengan produk bahan peledak dummy yang disediakan oleh panitia.

Peserta kemudian melakukan observasi lapangan mengenai proses peledakan, dari pengisian bahan peledak ke lubang ledak yang menggunakan unit Mobile Manufacturing Truck (MMT), proses penyumbatan lubang ledak (stemming) proses perangkaian (tie-up) hingga proses peledakan itu sendiri.

Kolaborasi DAHANA dengan PT SBA berkomitmen untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia yang unggul, terutama di Aceh tempat kedua perusahaan beroperasi. Sebelumnya, kedua perusahaan ini juga tercatat melakukan kolaborasi mengisi kuliah bahan peledak dan memberikan dummy bahan peledak ke Fakultas Teknik Pertambangan Universitas Syiah Kuala, Aceh.