News Image

SUBANG - PT DAHANA menggelar Pelatihan Safety Behaviour untuk meningkatkan kesadaran dan pola pikir perilaku aman di lingkungan kerja. Kegiatan berlangsung secara hybrid, karyawan Subang mengikuti pelatihan di Auditorium DAHANA Subang, dan karyawan di luar Subang secara daring melalui zoom meeting pada 6-7 Desember 2022.

Panitia dari Pengembangan Human Capital DAHANA, Ezha Kurniasari menuturkan, pelatihan Safety Behaviour merupakan hal yang sangat penting, mengingat bisnis DAHANA di bidang peledakan yang memiliki risiko tinggi. Oleh sebab itu, pelatihan ini digelar untuk mengingatkan dan meningkatkan kesadaran para karyawan tentang keselamatan dan keamanan kerja.

“Kami berharap setiap peserta dapat menjadi role model dalam berperilaku safety di unit kerja dan bagian nya masing-masing serta mampu berinisiatif dalam melakukan perubahan untuk menjadikan lingkungan kerjanya lebih aman (berperilaku aman dan kondisi aman),” ungkap perempuan yang akrab disapa Nia tersebut.

Nia menambahkan, peserta Pelatihan Safety Behaviour kali ini diikuti oleh perwakilan karyawan dari berbagai bagian yaitu Departemen Energetic Material Center (EMC), Operator Produksi, Bagian Keamanan, Pergudangan, Perwakilan setiap gedung di Kantor Pusat Subang, Perwakilan Kantor Jakarta, Site Project Divisi Tambang Umum (DTU), Site Project Divisi Kuari & Konstruksi (DKK), Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL), Divisi Minyak, Gas, dan Militer, serta anak perusahaan PT KAN.

Dalam pelatihan tersebut, peserta dibekali dengan berbagai macam teori dan praktik oleh konsultan Misjar Wilyanto tentang keamanan kerja seperti, pengenalan perilaku, studi kasus, prinsip-prinsip perubahan perilaku, alat-alat untuk tim, pengamatan perilaku, praktik pengamatan perilaku ke Gudang AN, Produksi Non Electric Detonator dan Cartridge Emulsion, intervensi, serta wewenang menghentikan pekerjaan.

“Hingga saat ini, DAHANA menerapkan prinsip zero accident dalam setiap kegiatannya, para karyawan di site project misalnya, secara rutin setiap pagi melakukan Pertemuan 5 Menit (P5M) untuk membahas isu-isu keamanan dan keselamatan yang terjadi di hari sebelumnya kemudian memaparkan kembali prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) kepada karyawan,” ungkap Nia.

Selain itu, berbagai pelatihan lain juga secara rutin dilaksanakan, seperti pelatihan pemadam kebakaran, hingga pelatihan simulasi penanggulangan bencana di Kantor Manajemen Pusat (Kampus) DAHANA berkolaborasi dengan TNI, POLRI, BPBD Subang, dan pemangku kepentingan lainnya.


Informasi:
Juli Jajuli
Senior Manajer Legal & Komunikasi Perusahaan
PT DAHANA
Email : julijajuli@dahana.id
Mobile: 082111546999