Produk-produk perusahan plat merah penghasil bahan peledak PT DAHANA (Persero) semakin dilirik oleh pangsa pasar mancanegara. Geliat ekspansi bisnisnya keluar negeri tidak lain karena didorong oleh amanat dari pemerintah RI.  Melalui Kementerian BUMN RI, pemerintah telah memberikan arahan bahwa BUMN harus dapat menjadi motor penggerak untuk menghasilkan devisa dan menjaga keseimbangan neraca perdagangan antar Negara.

Hal tersebut  diungkapkan oleh Direktur Operasi PT DAHANA (Persero)  Bambang Agung saat menggelar acara pengiriman pertama ekspor Cartridge Emulsion ke Northern Territory, Australia.  Acara pelepasan pengiriman  Cartridge Emulsion  ini dihelat di Kawasan Energetic Material Center (EMC) DAHANA, Subang, Jawa Barat, pada 20 Maret 2019.

“Bagi PT DAHANA sendiri, ekspor ini akan meningkatkan daya saing produk-produk bahan peledak DAHANA di pasar Australia, memperluas pasar dan sesuai dengan nilai budaya PT Dahana yaitu aliansi global dengan perusahaan-perusahaan mitra di Australia,” terang Bambang Agung.

Produk DAHANA, Cartridge Emulsion ini diproduksi di pabrik DAHANA Subang yang nantinya akan dikirim kepada perusahaan Johnex Explosives, Australia. 

Johnex Explosives melalui Letter of Intent (LoI) berencana setiap tahunnya akan membeli Cartridge Emulsion DAHANA sebanyak lebih kurang 8 kontainer. Dimana pada pengiriman tahun 2019 ini, Cartridge Emulsion yang dikirim ke Australia adalah sebanyak 3 Kontainer atau sebanyak 37.500 Kg.

Dengan terjalinnya kemitraan dengan perusahaan di Australia, memungkinkan kedepannya DAHANA memiliki peluang baru untuk memasarkan produk-produk DAHANA lainnya untuk masuk ke Australia. Abdul Haris Atbaro, General Manager Divisi Tambang Umum 2 PT DAHANA (Persero), mengutarakan optimismenya akan peluang tersebut.

 “Ekspor ini salah satunya adalah peluang untuk mengekspor pentolite booster 150 gram sekitar 40.000 pcs per tahun dan non electric detonator sekitar 30.000 pcs per tahun,” ujar Haris optimis.

Sementara itu, dalam sambutannya Ms. Heide Saenger, Compliance and Supply Chain Officer Johnex Explosive, Australia menyambut baik kerjasama ini.  Ia mengucapkan terima kasih atas sambutannya dan berharap dapat bekerjasama lebih baik lagi.

PT DAHANA (Persero) adalah BUMN yang bergerak di bidang bahan peledak komersial dan pertahanan.  Berkantor pusat di Subang, Jawa Barat, DAHANA memiliki lini bisnis utama di bidang Drilling and Blasting, Explosives Manufacturing, Related Services dan Defence Related,  DAHANA melayani sektor usaha pertambangan umum, kuari dan konstruksi, minyak dan gas, serta bahan peledak pertahanan.