News Image

Maju mundurnya sebuah perusahaan BUMN ditentukan oleh Sumber Daya Manusianya. Saat ini, 70% penduduk Indonesia berada di usia produktif, namun 50% diantaranya berpendidikan rendah. Begitu pula dengan lulusan perguruan tinggi yang dianggap belum memenuhi kebutuhan industri.

Sebagai perwujudan BUMN hadir untuk negeri, Kementerian BUMN melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI) turut serta menjawab persoalan tersebut melalui Program Mahasiswa Magang Bersertifikat (PMMB). Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk turut serta berpartisipasi menyalurkan potensi dan pengalaman di BUMN.

Sebagai kiblat industri bahan peledak di Indonesia, PT DAHANA (Persero) turut serta menyambut program tersebut. Ada 19 mahasiswa yang berasal dari 7 perguruan tinggi di Indonesia telah mengikuti PMMB di Dahana selama 6 bulan.

Acara Sharing session bareng peserta PMMB pun dilaksanakan pada Senin,26 Agustus di ruang Smartroom Dahana dan dihadiri oleh seluruh peserta PMMB dan tim Panelis.

Cecep Ahmad Fauzi, Asisten Manajer Pelayanan SDM PT DAHANA (Persero) berharap program PMMB ini dapat bermanfaat dan bisa meningkatkan kualitas SDM para peserta. "Dengan adanya program ini, saya berharap teman teman peserta PMMB ini dapat mengembangkan potensinya karena telah diberi kesempatan untu menempa pengalaman langsung di BUMN,” harap Cecep ditemui disela-sela sharing session.

Salah seorang peserta PMMB di DAHANA, Fadlan, Mahasiswa Teknik Pertambangan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh menceritakan pengalamanya selama mengikuti PMMB di DAHANA. "Sebelumnya saya pernah magang juga, yang mana aktifitasnya hanya desain dan sejenisnya. Tetapi berbeda dengan magang kali ini di DAHANA, saya diberikan kesempatan langsung menjadi blasting service crew dan ditempatkan di Site Plant PT Adaro Indonesia. Saya senang bisa merasakan langsung kegiatan peledakan dilapangan,” ungkap Fadlan.

Hal senada juga diungkapkan oleh Yudit Aliatusyara, mahasiswi asal Universitas Singaperbangsa Karawang jurusan Akuntansi. Gadis kelahiran Karawang, 4 Oktober 1997 ini juga menuturkan pengalamannya selama mengikuti PMMB di DAHANA.

"Pada magang kali ini saya jadi tahu lingkungan kerja itu seperti apa, terlebih lagi saya juga mendapat banyak ilmu yang diperkuliahan tidak didapatkan. Saya merasa berkesan dan mengucapkan terima kasih kepada DAHANA yang sudah memberikan kesempatan kepada saya untuk mengikuti PMMB ini. Semoga pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan di DAHANA bisa bermanfaat untuk bangsa dan negara,” harapnya.