News Image

PT DAHANA (Persero) perusahaan BUMN penghasil bahan peledak kini tengah terus menggenjot peningkatan lini bisnisnya. Mulai dari penyebaran pemasaran sampai dengan pembangunan pabrik-pabrik baru, untuk meningkatkan produktifitas bahan peledak.

Dalam produksinya selain ditunjang oleh bahan baku dan alat produksi, DAHANA pun terus melakukan peningkatan teknologi serta berinovatif untuk menghasilkakan produk bermutu dan bekualitas.

Tidak sedikit produsen dan user bahan peledak yang melirik produk bahan peledak DAHANA, tidak hanya pemain lokal, namun manca Negara pun tertarik dengan KUALITAS PRODUKNYA DAHANA. Satu diantaranya adalah Johnex Explosives, perusahaan bahan peladak dan penyedia jasa peledakan TERKEMUKA di negeri kangguru, Australia.

Hal tersebut diterangkan oleh Dadan Munawar Senior Manager DTU 2. Ia menceritakan perihal Johnex Explosive yang saat ini tengah melirik PRODUK bahan peledak DAHANA. “Bulan lalu, mereka (Johnex Explosive) melakukan kunjungan ke PABRIK DAHANA, meninjau langsung PROSES produksi dan ketersedian handak,” terang Dadan Munawar kepada Dfile.

Dadan pun lebih jelas menerangkan bahwa Johnex Explosive merupakan perusahaan penyedia bahan peledak dan jasa peledak nomor 4 terbesar di Australia. Baik di tambang terbuka maupun tambang bawah tanah. “Perusahaan ini memiliki reputasi yang mumpuni untuk jasa peledakan underground di Australia,” katanya.

Kunjungan Johnex ke DAHANA ini diwakili oleh Managing Director Johnex, David Blythwood. Terang Dadan kunjungan Johnex ke DAHANA ini adalah dalam rangka penjajakan kerjasama bisnis. “Johnex sedang mencari rekanan supplier untuk kebutuhan explosives mereka di pasar Australia,” ungkapnya.

“Rencananya perusahaan ini akan memesan produk explosive komersil dari DAHANA, khususnya produk Dayagel Extra untuk underground DAN PENTOLITE BOOSTER,” imbuh Dadan.

Dayagel Extra merupakan bahan peledak emulsi yang memiliki kekuatan tinggi dan sangat sensitif terhadap detonator. Produk ini berwarna abu-abu yang menyerupai pasta, dikemas dengan bahan pembungkus poliuretan. Bahan peledak kemasan ini tahan air dan didesain untuk menghasilkan energi yang besar sebagai primer dan sebagai bahan peledak yang memiliki massa jenis relatif tinggi pada operasi peledakan di pertambangan.

“Tetapi jika melihat apresiasi Johnex setelah meninjau lokasi fasilitas industri bahan peledak DAHANA di Subang, tidak menutup kemungkinan Johnex pun akan membeli detonator nonel dan booster DAHANA, untuk memenuhi supply Explosies di Australia,” pungkas Dadan. (SYA)