News Image

PT DAHANA (Persero) menggelar produknya di Pameran Alutsista yang berlangsung pada acara Rapat Pimpinan (Rapim) Kementerian Pertahanan RI tahun 2020 di halaman Kantor Kemhan RI, Jakarta, 22-23 Januari 2020. Rapim ini merupakan bagian dari Rencana Strategis (Renstra) Pertahanan RI untuk tahun 2020 hingga 2024.

Dengan tema "Pertahanan Semesta yang Kuat, Menjamin Kelangsungan Hidup NKRI", para peserta akan mendengarkan arahan kebijakan umum pertahanan dari Presiden Joko Widodo, serta pemaparan dari instansi pertahanan, dan kementerian terkait program-program pertahanan yang akan dilaksanakan sepanjang tahun 2020.

Pada kesempatan hari pertama, Wakil Menteri Pertahanan membuka acara secara resmi, ia menyampaikan acara rapim ini merupakan ruang koordinasi dan sinergitas antar satuan kerja, antar U.O. dan antar Kementerian/Lembaga serta harus dilakukan secara intens, untuk memastikan bahwa pertahanan negara selalu dalam kondisi terbaiknya sesuai dengan lingkungan strategis dan analisa ancaman.

“Kemhan selalu berupaya untuk mengembangkan industri pertahanan dalam negeri guna memenuhi kebutuhan alutsista TNI dan menunjang kemandirian Industri Pertahanan. Kebijakan ini diambil sejalan dengan Visi Bapak Presiden RI terkait dengan kebijakan pembangunan teknologi dan industri pertahanan,” ujar Sakti.

PT DAHANA (Persero), BUMN yang bergerak di Industri bahan peledak ini memamerkan produk komersial dan militer. Salah satu produk yang menarik perhatian pengunjung adalah Prototipe Kendaraan Peluncur Roket R-Han 122B Tahap II-II TA 2019. Mobil peluncur roket ini sebelumnya sudah melakukan ujicoba di kawasan Pameungpeuk, Garut.

Kendaraan Peluncur Roket R-Han 122B adalah Kendaraan peluncur roket laras banyak (multiple rocket launcher system – MRLS) karya anak bangsa. Dengan alat ini diharapkan proses peluncuran roket secara otomatis mampu dieksekusi lebih cepat. Mekanisme pengisian roket ke peluncur didesain sedemikian rupa supaya dicapai waktu operasi yang lebih singkat.

Pengembangan Kendaraan Peluncur Roket R-Han 122B ini adalah untuk menghasilkan kendaraan peluncur yang dapat berfungsi dengan baik dan stabil sesuai spesifikasi yang diharapkan tanpa adanya kesalahan dan kerusakan baik saat endurance maupun penembakan. Disamping itu diharapkan sistem otomatisasi dan manual dapat dioperasikan oleh operator sesuai prosedur dan operasi penembakan yang dikehendaki. Prototipe peluncur roket ini dibuat dalam rangka memenuhi kebutuhan akan kendaraan peluncur roket R-Han 122B sebagai dukungan dalam program pengembangan Roket Nasional.

Selain Kendaraan Peluncur Roket, DAHANA turut membawa produk lainnya seperti Bomb P100 Live, Rhan 122B, serta produk bahan peledak komersial seperti shaped charge, Dabex, Danfo, dan produk lainnya.