News Image

PT DAHANA (Persero) tahun ini akan kembali mengibarkan benderanya di tambang semen PT Semen Tonasa, salah satu BUMN industri semen yang berada di bagian timur Indonesia. DAHANA kembali memasok kebutuhan bahan peledak ke PT Semen Tonasa setelah dua tahun absen. 

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Wibowo Budi Santoso, Manager Hubungan Pelanggan Sektor Kuari Divisi Kuari & Konstruksi PT DAHANA (Persero) pada Kamis (2/2/2017) ketika mendampingi 4 orang perwakilan PT Semen Tonasa yang tengah meninjau persiapan bahan peledaknya yang akan dikirim ke plant Pangkep, Sulawesi Selatan. Empat perwakilan PT Semen Tonasa ini adalah Basri (SM of Limestone Mining), Ade Meiriyadi (SM of Inventory Management), Derminto Sarumpaet (Staf Pengadaan) dan Bahrul (Staf Tambang).

“Kunjungan Semen Tonasa ke sini (kawasan EMC) adalah dalam rangka inspeksi bahan peledak dan Mobile Manufacturing Truck (MMT) yang akan dipergunakan untuk DTH (Down The Holes) services DAHANA dengan menggunakan bahan peledak DABEX di PT SEMEN TONASA plant Pangkep, Sulawesi Selatan,” terang Wibowo kepada Dfile.

Wibowo pun menjelaskan, inspeksi oleh Team PT Semen Tonasa adalah bagian dari prosedur wajib untuk memastikan kesiapan dan kesesuaian kuantitas dan kualitas bahan peledak. “Inspeksi ini jadi prosedur wajib di mereka (PT Semen Tonasa), mengingat pengalaman kurang baik dengan penyedia bahan peledak sebelumnya. Mereka perlu memastikan kesesuaian kuantitas dan kualitas, atau kedaluwarsanya bahan peledak. Itulah sebabnya mereka kami undang untuk langsung meninjau ke pabrik dan gudang DAHANA,” ungkap Wibowo.

Untuk kali ini, DAHANA meng-upgrade layanannya di PT Semen Tonasa. Tidak hanya memasok bahan peledak (spot), tetapi menjadi DTH Services atau pengisian bahan peledak jenis emulsion (DABEX©) ke lubang peledakan.

Rencananya, ditargetkan pada akhir Februari ini DAHANA sudah mulai beroperasi di plant Pangkep. Di tempat ini pun DAHANA akan menerjunkan timnya beserta satu buah Mobile Manufacturing Truck (MMT) dengan kapasitas 10 ton yang akan beroperasi dalam pengisian bahan peledak Dabex.

“Kita mulai mengibarkan bendera services DAHANA di PT Semen Tonasa. Kali ini DTH Services Dabex, tidak menutup peluang ke depan upgrade ke Drilling & Blasting services atau bahkan lebih. Untuk saat ini, targetnya produksi perhari sekitar 35.000 bcm,” pungkas Wibowo. (SYA)